Kenaikan Harga Beras Dorong Kenaikan Bahan Pokok Lain di Pasar Kamal

  • Bagikan
Beras 1 1
Tingginya Harga Beras Picu Naik Bahan Pokok Lain Di Pasar Kamal

Berita Seram Bagian Barat, Kairatu – Kenaikan harga beras berimbas pada naiknya sejumlah bahan kebutuhan pokok lainnya yang diperdagangkan di Pasar Kamal, Kecamatan Kairatu Barat, Kabupaten Seram Bagian Barat.

Beberapa pedagang di Pasar Kamal menjelaskan bahwa kenaikan harga beras terjadi baik untuk beras premium maupun medium, dengan kisaran harga antara seribu hingga dua ribu rupiah per kilogram. Menurut Elen Angun, seorang pedagang di pasar tersebut, harga beras medium dan premium naik dari Rp14.000/kg menjadi Rp16.000 hingga Rp17.000/kg. Selain itu, harga minyak goreng, gula pasir, dan telur juga mengalami kenaikan.

Meskipun demikian, para pedagang hanya bisa menyesuaikan kenaikan harga dengan kenaikan di tingkat distributor. Mereka mengakui adanya keluhan dari masyarakat terkait kenaikan harga kebutuhan pokok yang cukup tinggi saat ini.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Seram Bagian Barat, Sainudin Silawane, mengakui adanya kenaikan harga sejumlah bahan kebutuhan pokok masyarakat, terutama beras. Naiknya harga beras tidak hanya terjadi di daerah ini tetapi hampir di seluruh Indonesia. Pihaknya telah melakukan rapat dengan bidang perdagangan untuk membahas dan mencari solusi penyelesaian permasalahan. Kenaikan harga beras terjadi pada beras jenis medium dan premium, sementara beras Bulog masih dijual dengan harga yang sama.

Meskipun terjadi kenaikan harga beras, stok bahan kebutuhan pokok masyarakat menjelang Ramadhan di Kabupaten Seram Bagian Barat masih mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. MM

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *