Kebakaran Hutan Chile, Korban Tewas Menjadi 51 Orang

  • Bagikan
Ilustrasi kebakaran hutan
Ilustrasi kebakaran hutan

Ankara – Duka mendalam meliputi Chile tengah dan selatan karena korban tewas akibat kebakaran hutan yang melanda kini mencapai 51 orang, menurut laporan media yang dirilis pada Minggu (4/2).

Presiden Chile, Gabriel Boric, menyampaikan pernyataan melalui siaran televisi, mengakui bahwa dalam kondisi tragis seperti ini, jumlah korban diperkirakan akan terus meningkat dalam beberapa jam mendatang. Ia juga menegaskan bahwa Kementerian Pertahanan akan memobilisasi lebih banyak unit militer ke daerah yang terkena dampak, dengan semua sumber daya yang diperlukan siap digunakan.

Pernyataan dari Menteri Dalam Negeri Chile, Carolina Toha, melaporkan bahwa sekitar 92 kebakaran aktif saat ini tersebar di berbagai wilayah di negara ini, mencakup sekitar 43.000 hektar lahan. “Pemadam kebakaran berhasil mengendalikan 40 titik api dan masih berupaya memadamkan 29 titik api,” tambahnya.

Kebakaran hutan yang melibatkan wilayah Valparaiso dan Marga Marga menjadi fokus perhatian pihak berwenang. Dilaporkan bahwa kebakaran di Valparaiso telah merusak sekitar 1.100 rumah, meninggalkan sejumlah besar warga tanpa tempat tinggal.

Dalam menghadapi kondisi darurat ini, Presiden Boric menyatakan melalui platform X, “Kami telah mengarahkan semua kru kami ke wilayah tengah dan selatan negara ini untuk melakukan intervensi dalam kebakaran tersebut.”

Perlu dicatat bahwa pada bulan Februari 2023, Chile juga mengalami tragedi kebakaran hutan yang merenggut nyawa sekitar 13 orang. Kini, masyarakat Chile dan pihak berwenang berjuang keras untuk mengatasi dampak meluas dari kebakaran yang melanda negara tersebut. MM/AC

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *