Kapolda Maluku Utara Temui Bawaslu Bahas PSU di Halmahera Utara

  • Bagikan
Kapolda Maluku Utara Temui Bawaslu Bahas PSU di Halmahera Utara

Ternate – Kapolda Maluku Utara (Malut), Irjen Pol Risyapudin Nursin, bersama sejumlah stafnya melakukan kunjungan ke Bawaslu setempat  dalam rangka persiapan pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Kabupaten Halmahera Utara (Halut).

Aparat Akan Mengamankan Jalannya PSU di Halmahera Utara

“Personel Polda Malut tentunya siap mengamankan jalannya PSU di Kabupaten Halut, dan dalam melakukan pengamanan kita juga perlu bersinergi dengan KPU, Bawaslu termaksud juga TNI,” katanya,  di Ternate, Rabu.

Kapolda juga mengimbau masyarakat Malut, khususnya yang melaksanakan PSU untuk selalu menjaga situasi Kamtibmas mengingat situasi masih dalam pandemi COVID – 19, sehingga harus menerapkan protokol kesehatan.

Dia  berjanji, terkait dengan pelaksanaan PSU di Kabupaten Halut, maka Polda Malut  akan mendukung serta siap mengamankan pelaksanaan PSU tersebut.

Dalam kunjungannya, Kapolda beserta rombongan diterima langsung oleh Ketua Bawaslu Provinsi Malut, Muksin Amrin beserta Komisioner dan Kabag Bawaslu setempat.

Muksin mnyatakan,  menyampaikan bahwa KPU sudah mengeluarkan SK penetapan tahapan PSU. Dalam tahapan PSU pihak Bawaslu sudah melakukan koordinasi dengan KPU Halut bahwa PSU akan dilaksanakan pada 28 April 2021.

Diketahui, dalam rangka menindaklanjuti Amar Putusan MK terkait pelaksanaan PSU di Halut pada empat TPS yakni TPS 02 Desa Tetewang Kecamatan Kao Teluk, TPS 7 Desa Rawajaya Kec. Tobelo dan TPS 01 dan 02 Desa Supu Kec. Loloda Utara) dan satu TPS Khusus (PT NHM), maka pihak KPUD Halut yang sebelumnya telah berkoordinasi dengan KPU RI maupun KPU Provinsi Malut  menindaklanjutinya dalam kesiapannya, dengan mengeluarkan SK KPUD Halut Nomor : 02/PY.02.1-Kpt/8203/Kpu-Kab/III/2021 tentang Penetapan Penetapan Tahapan, program Jadwal Penyelenggaraan PSU pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kab. Halmahera Utara tahun 2020.

Sebelumnya, Kasubbag Data KPU Halut  Nurfitriyati Daud ketika dikonfirmasi sebelumnya menyatakan, saat ini DPT yang sudah sesuai dengan data KPU ada empat  TPS diantaranya, TPS 7 desa Rawajaya berjumlah 338 jiwa pilih, TPS 2 desa Tetewang 188 DPT, kemudian desa Supu TPS satu  jumlah  DPT 442, TPS 2 jumlah DPT 483.

“TPS khusus di lingkungan PT. NHM sesuai dengan data berjumlah 632 jiwa pilih, akan tetapi, jumlah tersebut masih diverifikasi oleh KPU dan action-nya Senin pekan depan KPU sudah turun ke lokasi NHM,” katanya.

Sebelumnya, KPU Halut menjadwalkan pelaksanaan PSU akan berlangsung di bulan Ramadan, terkait putusan Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) Mahkamah Monstitusi (MK) untuk kabupaten itu. Matamaluku.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *