Jenazah Praka Rahman Tomilawa Tiba di Ambon Disambut Upacara Militer

  • Bagikan
Jenazah Praka Rahman Tomilawa Tiba di Ambon Disambut Upacara Militer

Ambon – Jenazah Almarhum Praka (Anumerta) Rahman Tomilawa, yang gugur dalam kontak tembak di Distrik Gome Papua, tiba di Bandara Pattimura Ambon, Sabtu (29/1/2022). Dengan penerbangan menggunakan pesawat Lion Air dari Makassar.

Kedatangan jenazah disambut dengan prosesi upacara militer, yang dipimpin langsung  Irdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Muhamad Muchidin, dan Komandan Upacara Kasdim 1504/Ambon Letkol Inf. M. Taha Fauth.

Setelah upacara militer, Jenazah Praka Rahman Tomilawa dibawah ke rumah duka di Desa Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah untuk selanjutnya dimakamkan.

Putra asli Maluku ini, gugur dalam kontak senjata dengan KST di Desa Tigilobak, Distrik Gome, Kabupaten Puncak, Papua, pada Kamis, (27/1/2022).

Sebelumnya, Kapendam Cenderawasih Kolonel Inf. Aqsha Erlangga mengatakan, kejadian bermula dari penyerangan oleh TPNPB-OPM terhadap Prajurit TNI Pos Koramil Gome, Satgas Kodim YR 408/SBH pada pagi hari. Serangan dilakukan saat pergantian jaga.

Selain Praka Rahman Tomilawa, dua prajurit TNI AD lainnya yang gugur yaitu Serda M. Rizal Maulana Arifin, dan Pratu Tupel Alomoan Baraza. Ketiga prajurit tersebut merupakan Satgas Kodim YR 408/SBH.

Keduanya langsung dievakuasi menuju Puskesmas Ilaga dengan menggunakan kendaraan. Namun Serda Rizal meninggal dunia dalam perjalanan menuju Puskesmas. Sementara Pratu Baraza juga dinyatakan meninggal setelah sempat mendapat pertolongan pertama di Puskesmas.

Jenazah Almarhum Praka (Anumerta) Rahman Tomilawa yang diberangkatkan dari Timika, Papua menuju Makassar, Sulawesi Selatan pada Jumat (28/1/2022) dengan menggunakan pesawat Sriwijaya Air, dan menginap  di Makassar dan tiba di Bandara Pattimura Ambon dengan menggunakan pesawat Lion Air ini juga disambut oleh tangis haru dari keluarga tercinta yang juga menjemput almarhum di Bandara Pattimura Ambon. Matamaluku.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *