Jembatan Wai Mala Terputus, Warga Inisiatif Bangun Jembatan Darurat

  • Bagikan
Jembatan Wai Mala Terputus, Warga Inisiatif Bangun Jembatan Darurat

Maluku Tengah, Masohi – Terhitung sudah lima hari Jembatan Wai Mala, mengalami putus pada bagian Oprit sepanjang 6 meter hingga saat ini belum bisa dilewati kendaraan.

Belum ada tanda-tanda perbaikan atau pemasangan jembatan darurat dilakukan Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Wilayah Maluku, sejak Oprit jembatan tersebut tergerus air pada Sabtu (16/7/2022) malam.

Pantauan Tim Matamaluku.com di lokasi, Kamis (21/7/2022) justru warga Negeri Sahulau, Kecamatan Teluk Elpaputih yang inisiatif berbondong-bondong mengerjakan jembatan darurat agar bisa dilewati warga.

Untuk mendatangkan material jembatan seperti batang pohon kelapa, papan, paku serta biaya sewa mobil didapat dari hasil patungan bersama.

Warga yang melewati jembatan yang dibuat warga di patok Rp5000 per orang sedangkan untuk kendaraan motor Rp25.000-50.000 karena perlu bantuan warga setempat untuk mendorong menaikan kendaraan melalui jembatan darutat yang dibuat.

Di lokasi antrean kendaraan roda empat baik dari Kabupaten Seram Bagian Barat maupun dari Maluku Tengah dan Seram Bagian Timur sangat padat.

Silo salah seorang warga Sahulau, menjelaskan jembatan darurat yang dibuat saat ini merupakan inisiatif warga setempat agar bisa dilewati masyarakat  baik yang hendak ke Maluku Tengah, Seram Bagian Timur (SBT) maupun Seram Bagian Barat (SBB).

Dirinya mengakui sejak terputusnya Oprit jembatan Wai Mala, belum ada upaya pemasangan jembatan darurat oleh BPJN Wilayah Maluku, sehingga untuk memudahkan warga yang melintas mereka kemudian berinsisiasi membuat jembatan darurat.

Setiap warga yang melewati jembatan tersebut, kata dia, tentunya sedikit merogoh kocek, sebagai pengganti biaya pembuatan jembatan darurat yang telah dikeluarkan mereka.

Dirinya berharap agar pekerjaan jalan yang putus ini secepatnya ditangani oleh pemerintah melalui BPJN agar akses transportasi di tiga Kabupaten di Pulau Seram ini dapat kembali normal.

Sebelumnya Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua saat dikonfirmasi Tim Matamaluku.com Selasa (19/7/2022) menyatakan Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah telah berkoordinasi dengan BPJN Wilayah Maluku untuk segera membangun jembatan darurat di Wai Mala yang terputus tersapu banjir itu.

Selain berdampak bagi akses warga juga terganggunya distribusi kebutuhan pokok dan barang ke Maluku Tengah, Seram Bagian Timur, Seram Bagian Barat serta Pulau Ambon maupun sebaliknya. Matamaluku.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *