Jemaat GPM Imanuel OSM Ambon Canangkan Kegiatan Peduli Lingkungan Dalam Rangka Peringati HUT GPM Ke-86 Tahun

  • Bagikan
Jemaat GPM Imanuel OSM Ambon Canangkan Kegiatan Peduli Lingkungan Dalam Rangka Peringati HUT GPM Ke-86 Tahun

Ambon – Jemaat GPM Imanuel OSM Ambon mencanangkan kegiatan Peduli Lingkungan dalam rangka peringatan HUT GPM ke-86. Pencangan dilakukan oleh Ketua Majelis Jemaat GPM Imanuel Pdt.J.Atihuta/Dias,ditandai penyerahan sapu dan tempat sampah kepada 17 perwakilan sektor pelayanan di Jemaat itu, Sabtu (28/08)

Pencanangan kegiatan Peduli Lingkungan merupakan salah satu agenda tetap Panitia Perayaan Hari Besar Gerejawi dan Hari Besar Nasional Jemaat setempat.

Ketua Majelis Jemaat GPM Imanuel Pdt . J . Atihuta menghimbau warga Jemaat untuk senantiasa peduli terhadap lingkungan, karena tidak saja berdampak terhadap keluarga tetapi juga lingkungan di sekitar tempat tinggal.

Diakuinya di masa pandemic COVID-1,9 muncul kecenderungan orang tidak peduli terhadap kebersihan lingkungan, sehingga terlihat sampah ada dimana-mana baik di rumah bahkan di lingkungan gereja.

“Menjaga lingkungan tetap bersih akan memberikan beragam manfaat bagi keluarga dan orang-orang yang tinggal di lingkungan sekitar. Menjaga kebersihan rumah dan halaman membuat kita terbiasa untuk membersihkan lingkungan lainnya”kata Atihuta.

Atihuta juga memberikan beberapa tips kebersihan antara lain selalu mendaur ulang barang-barang yang bisa gunakan kembali, sebagai contoh, memanfaatkan kaleng dan botol bekas untuk dijadikan pot tanaman.

Pembuatan pupuk kompos dari sampah organic, seperti daun, makanan, atau kotoran hewan bisa diolah menjadi pupuk kompos yang berguna bagi pertanian dan perkebunan.

“Hal terpenting adalah membiasakan diri untuk membuang sampah pada tempatnya, jangan biarkan sampah bertebaran di mana-mana, selalu menyediakan tong sampah di lingkungan”ujarnya.

Membiasakan melakukan gotong royong dengan warga untuk membersihkan lingkungan dan mempererat jalinan kerja sama antar warga.

Cara menjaga kebersihan lingkungan lainya adalah dengan memisahkan atau memilah-milah jenis sampah non-organik dan sampah organik,di rumah maupun di lingkungan sekitar.

Atihuta berharap melalui gerakan Peduli Lingkungan diharapkan tumbuhnya kesadaran warga jemaat untuk senantiasa peduli terhadap kebersihan lingkungan sekitar.

Pencanangan Peduli Lingkungan dilanjutkan dengan kampanye bersih lingkungan oleh perwakilan masing-masing sektor dengan cara menempel stiker pada  mobil angkot di Jalan Nn Saar Sopacua depan asrama TNI OSM Ambon. Matamaluku.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *