Jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, Harga Daging dan Ayam Naik

  • Bagikan
Jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, Harga Daging dan Ayam Naik

Ambon – Harga daging dan ayam beku mengalami kenaikan yang cukup signifikan jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, menumbus angka Rp.28.000/kg yang diperdagangkan pada lokasi pasar tradisional Mardika kota Ambon.

Amir salah seorang pedagang Ayam beku yang sehari – hari berjualan di pasar Arumbai Mardika saat di wawancarai Tim Matamaluku.com tentang harga Sabtu 08/05/2021 menjelaskan harga ayam yang di jual telah mengalami kenaikan sejak seminggu yang lalu. Dimana harga ayam yang di jual mereka sebelumnya hanya Rp.22.000/kg, kini mengalamai lonjakan harga hingga mencapai Rp.28. 000/kg.

Dirinya mengatakan kenaikan harga ayam beku seperti saat ini di duga ada unsur kesengajaan  dari pihak agen yang menahan stok ayam sehingga ayam yang di jual mereka terbatas karena banyak di cari pembeli di bulan suci Ramadhan dan hal inilah yang memicu kenaikan harga ayam pada tingkat pedagang.

Dirinya memperkirakan, kenaikan harga ayam beku yang terjadi saat ini akan terus mengalami kenaikan pada tiga hari terakhir jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, jika stok dari agen terbatas, maka kemungkinan penjualan ayam bisa mencapai Rp.34. 000/kg.

“Sekarang harga pengambilan sudah 28 ribu jadi kalau ayam 2,3 , atau 2,5 , maka harag 70 lebih hampir 80 ribu , naik sudah ada satu minggu lebih” Ujarnya.

Sementara itu Udin salah seorang penjual telur dan beberapa jenis sembako lainya saat di wawancarai tentang harga telur yang biasanya sering terjadi kenaikan pada hari – hari menjelang Idul Fitri menjelaskan di bandingkan dengan tahun sebelumnya menjelang hari raya Idul Fitri tahun ini,  telur mengalami penurunan harga.

Dimana sebelumnya satu rak telur di jual dengan harga Rp.54.000 per raknya, kini hanya Rp.48.000, per rak, sementara harga perbutir sebelum bulan suci  Ramadhan di jual   Rp.1. 800/butir,  kini di jual Rp. 1.600/butir .

Sementara beberapa jenis barang lainya seperti sayuran dan bumbu masak yang di jual para pedagang seperti cabe yang beberapa waktu lalu mengalami kenaikan hingga menembus angka Rp.150.000 per kilonya kini berangsur-angsur mengalami penurunan pada harga semula dikisaran 40 hingga 50 ribuan/Kg.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *