Jaksa Tetapkan Empat Tersangka Korupsi Pengadaan Seragam Gratis di Kabupaten SBB

  • Bagikan
Tahanan
Jaksa Tetapkan Empat Tersangka Pengadaan Seragam Gratis Di Kabupaten SBB

Berita Seram Bagian Barat, Piru – Penyidik Kejaksaan Negeri Seram Bagian Barat (SBB) telah secara resmi menetapkan empat tersangka dalam kasus korupsi pengadaan seragam sekolah gratis untuk SD/MI dan SMP/MTs oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) pada tahun anggaran 2022.

Kepala Kejaksaan Negeri Seram Bagian Barat, Bambang Tutuko, menyampaikan bahwa penetapan tersangka didasarkan pada hasil penyidikan dan ekspose perkara. Tim penyidik menemukan bukti yang cukup, termasuk keterangan saksi, ahli, dan dokumen yang mendukung.

Keempat tersangka, dengan inisial JT sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, MW sebagai PPK, HS sebagai direktur CV. Valian Dwi Perkasa yang juga pemenang tender, dan AP yang merupakan Pelaku Pinjam Perusahaan, telah dialihkan statusnya dari saksi menjadi tersangka. Dua di antaranya telah ditahan selama 20 hari ke depan.

Modus operandi para tersangka melibatkan persekongkolan dalam praktek pinjam perusahaan yang melanggar hukum, untuk mendapatkan proyek pengadaan seragam gratis bagi siswa SD/MI dan SMP/MTs pada tahun anggaran 2022. Selain itu, ditemukan juga penggelembungan harga dan pengurangan volume dalam pengadaan seragam tersebut. Akibat tindakan para tersangka, potensi kerugian keuangan negara diperkirakan mencapai lebih dari Rp1 miliar, sesuai audit BPKP Provinsi Maluku pada 12 Januari 2024.

Bambang menegaskan bahwa perbuatan para tersangka melanggar undang-undang tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi dan KUHPidana. Pasal-pasal yang disebutkan adalah Pasal 2 ayat (1) jo Pasal 18 UU RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi dan Pasal 3 jo Pasal 18 UU RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. MM

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *