Ina Parenting Berikan Edukasi Pentingnya Kesehatan dan Kebersihan

  • Bagikan
Ina Parenting Berikan Edukasi Pentingnya Kesehatan dan Kebersihan

Maluku Tengah, Allang – Ina Parenting Maluku Tengah, Hj Amien, Ru’ati Tuasikal, Ru’ati Tuasikal, memberi edukasi pentingnya kesehatan dan kebersihan bagi anak ditengah situasi pandemi COVID-19 saat ini.

Hal ini disampaikan Ina Parenting saat menghadiri acara penamatan (Wisuda) siswa TK Pembina Allang, Kecamatan Leihitu Barat, Kabupaten Maluku Tengah.

Turut hadir Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua, Ketua Dharma Wanita Ana Sahubawa, serta sejumlah  pimpinan OPD Kabupaten Maluku Tengah.

Ru’ati Tuasikal, menyampaikan, pentingnya edukasi kesehatan dan kebersihan bagi anak sejak usia dini, apalagi ditengah situasi pandemi COVID-19 saat ini. “Selain kebersihan lingkungan, kebersihan diri penting untuk diajarkan pada anak-anak, seperti kebersihan mulut, kuku, tangan dan kaki, selain itu  menjaga kebersihan saat batuk dan bersin, kebersihan dalam rumah, kebersihan makanan dan minuman” kata Ru’ati.

Dirinya berpesan kepada orang tua, pentingnya mengetahui perkembangan anak. Harapannya agar sang buah hati bisa tumbuh dan berkembang sesuai usianya. Karena usia lima tahun pertama adalah masa yang sangat penting bagi pertumbuhan anak.

Disebutkan pada masa ini, anak biasanya sangat aktif mengeksplorasi banyak hal. Keaktifan anak usia dini akan membantu perkembangan kognitif, motorik, mental, dan sosial. Tentu saja, agar anak-anak tetap aktif, kesehatan mereka sangat perlu diperhatikan.

Dikatakan, pendidikan anak pada usia dini merupakan salah satu bentuk pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar partumbuhan anak sejak lahir sampai usia enam tahun. Karena diusia ini anak anak akan memperoleh masa perkembangan moral, perkembangan fisik, kecerdasaan, emosional, bahasa, dan komunikasi.

“Mengingat pada usia dini merupakan masa perkembangan, maka kepada para orang tua dan  guru, dirinya berharap agar memberikan sentuhan kasih sayang yang tulus kepada anak agar nantinya dapat tumbuh dan berkembangan dengan optimal”ungkapnya.

Kepada warga Allang, Ru’ati juga mengingatkan pentingnya imunisasi ibu hamil dan bayi yang baru lahir mengingat bayi memiliki kekebalan pasif, karena bertujuan untuk membangun kekebalan tubuh seseorang terhadap suatu penyakit, dengan membentuk antibodi dalam kadar tertentu.

Rangkaian kunjungan di Leihitu Barat Bupati beserta Ketua TP-PKK Maluku Tengah, Hj.Amien Ru’ati Tuasikal, Ketua Dharma Wanita Ny. Ana Sahubawa, juga meninjau kegiatan pelayanan KB,berupa pemasangan implan dan suntik di Puskesmas Pembantu (PUSTU) Allang. Matamaluku.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *