Haul Guru Sekumpul dihadiri 3,3 Juta Jamaah, Acara Berlangsung Lancar

  • Bagikan
Kapolres Banjar AKBP Muhammad Ifan Hariyat
Kapolres Banjar AKBP Muhammad Ifan Hariyat

Martapura, Kalimantan Selatan – Kapolres Banjar, AKBP Muhammad Ifan Hariyat, memperkirakan sebanyak 3,3 juta jamaah mengikuti Haul ke-19 KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani, atau yang dikenal sebagai Guru Sekumpul di Martapura, Kalimantan Selatan.

Ifan mengungkapkan perkiraan jumlah jamaah ini berdasarkan data dari sejumlah provider seluler yang mencatat kehadiran orang menggunakan ponsel selama acara berlangsung. “Perkiraan jumlah jamaah yang hadir mengikuti haul Guru Sekumpul mencapai 3,3 juta, itu kami dapat dari sejumlah provider seluler dari orang yang menggunakan HP saat acara berlangsung,” ujarnya di Martapura, Kabupaten Banjar, pada malam Minggu.

Menurut Ifan, jamaah yang mencapai jutaan orang tersebut bukan hanya berasal dari Kabupaten Banjar dan Provinsi Kalimantan Selatan, melainkan juga dari luar Pulau Kalimantan hingga luar negeri.

Meskipun jumlah jamaah sangat besar, prosesi haul berjalan tertib dan tanpa hambatan berarti. Selain itu, tidak terjadi kejadian yang mencolok sejak awal hingga akhir acara. “Alhamdulillah, rangkaian haul Guru Sekumpul berjalan aman, tertib, dan lancar tanpa hambatan berarti serta tidak ada kejadian menonjol yang mengganggu kekhusyukan jutaan jamaah yang hadir,” ungkapnya.

Ifan juga mencatat bahwa selain jumlah jamaah yang mencapai lebih dari 3 juta, terdapat banyak bus dan kendaraan roda empat maupun roda dua yang ikut serta, mencapai 601 bus pada 150 titik yang tersebar di berbagai tempat.

Data juga mencatat jumlah kendaraan roda empat sebanyak 151.119 unit dari 196 titik parkir, motor sebanyak 1,2 juta unit, dan kapal maupun perahu bermesin atau kelotok sebanyak 533 unit yang bersandar pada sejumlah dermaga.

Haul Guru Sekumpul dimulai dengan Shalat Magrib berjamaah dan Shalat Isya. Setelah prosesi haul, kendaraan jamaah memenuhi jalan utama Sekumpul dan Jalan Jenderal Ahmad Yani arah Banjarbaru dan kawasan Hulu Sungai.

Meskipun hujan mulai mengguyur kawasan Sekumpul dan wilayah Kota Banjarbaru pada pukul 22.00 Wita, acara tetap berjalan dengan tertib. Jamaah yang mengendarai roda dua banyak yang berteduh di sepanjang jalan, sementara petugas lalu lintas dengan sigap mengatur arus kendaraan. Berdasarkan pemantauan kamera, hujan deras melanda Kota Martapura, membuat jalanan lengang karena sebagian jamaah yang mengendarai roda dua memilih berteduh pada pukul 23.20 Wita. Matamaluku/Ac

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *