Harga Ikan Segar di Pasar Mardika dan Batu Merah Mengalami Kenaikan

  • Bagikan
Harga Ikan Segar di Pasar Mardika dan Batu Merah Mengalami Kenaikan

Ambon – Harga beberapa jenis ikan seperti ikan kawalinya, momar, lema dan cakalang mengalami kenaikan cukup signifikan yang dijual pedagang pada lokasi pasar tradisional Mardika dan pasar Batu Merah kota Ambon dalam sepekan terakhir ini.

Kenaikan harga ikan segar diantaranya ikan jenis cakalang yang mencapai ratusan ribuh rupiah per ekornya di pasar tradisional Mardika dan Batu Merah kota Ambon dipicu oleh faktor cuaca, di mana jika terjadi hujan dan angin kencang membuat para nelayan engan melaut sehingga menyebabkan stok ikan berkurang dan berdampak pada naiknya harga ikan yang dijual oleh pedagang.

Mursalam, salah seorang pedagang ikan di lokasi pasar Mardika saat di wawancarai Tim Matamaluku.com, menyangkut harga ikan yang di jual Rabu 26/05/2021, mengatakan faktor cuaca menyebabkan stok ikan berkurang karena nelayan enggan ke laut dan berimplikasi terjadinya kenaikan seluruh jenis ikan yang dijual baik di pasar Mardika maupun Batu Merah.

Dirinya mengaku saat ini ikan yang di beli mereka dari tempat pelelangan ikan jenis Momar dan kawalinya per bakulnya 1,5 sampai 1,7 juta per bakulnya baik yang di beli mereka dari nelayan di seputar pulau Ambon maupun dari luar pulau Ambon seperti dari pulau Seram dan pulau Buru.

Diakuinya jika kondisi cuaca baik, maka harga ikan tidak mengalami kenaikan dan masih pada harga normal seperti biasanya dan terkadang juga harganya turun jauh karena stok yang ada cukup banyak sehingga dijual murah oleh pedagang.

Kenaikan harga ikan di kota Ambon, kata Mursalam adalah hal yang biasanya, karena warga kota Ambon dapat memahami bahwa jika cuaca buruk maka dipastikan harga ikan akan melonjak naik, namun tidak menyurut warga untuk tetap mengkonsumsi ikan.

“Kalau cuaca bagus banyak, kaya kemarin sebelum hujan ikan banyak, tapi hari ini hujan jadi kurang makanya mahal, kalau sekarang lima ekor ikan kecil Rp.10.000 sebab satu Loyang kita beli ada yang 1 sampai 1,5 juta, ini karena faktor cuaca” Ujarnya.

Selain naiknya harga ikan, faktor cuaca juga mempengaruhi terjadinya kenaikan beberapa jenis sayur mayur  yang di jual pedagang di lokasi pasar Mardika dan Batu Merah, Beberapa pedagang sayur mayur yang sempat ditemuai Tim Matamaluku.com, mengaku sejumlah jenis sayur yang biasanya di beli mereka dari petani maupun yang didatangkan dari luar pulau Ambon yang sebelumnya hanya Rp.8. 000 perikatnya kini naik menjadi Rp.12. 000/ikat, baik itu sayur kangkung, sawi dan beberapa jenis sayur lainya. Matamaluku.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *