Harga Ikan Segar di Pasar Arumbai Mardika Melambung Tinggi

  • Bagikan
Harga Ikan Segar di Pasar Arumbai Mardika Melambung Tinggi

Ambon – Harga ikan yang ditawarkan pedagang di pasar tradisional Kota Ambon, Maluku mulai bergerak naik melambung tinggi jika dibanding tiga hari sebelumnya.

Pantauan Tim Matamaluku.com di pasar Mardika, Sabtu, (25/09) para pedagang menawarkan ikan jenis momar dan kawalinya ukuran besar Rp50.000/tumpuk (sembilan ekor), biasanya Rp20.000/tujuh delapan ekor, sedangkan ukuran ikan sedang Rp10.000 satu tumpukan berisi tiga hingga empat ekor, dan ikan komu ukuran sedang Rp30.000 hingga Rp50.000/ ekor.

Sedangkan ikan cakalang maupun ikan tatihu segar yang biasanya dijual dengan harga Rp25.000 hingga Rp35.000 kini naik hingga mencapai Rp60.000 hingga Rp80.000/ekor dan yang sudah beku dijual dengan harga Rp50.000 hingga Rp60.000/ekor, tergantung besarnya ukuran ikan.

Ibu Beti salah satu penjual Ikan mengakui sudah tiga hari belakangan ini ikan di pasar Ambon agak berkurang terutama ikan momar dan kawalinya karena arus pasok dari nelayan akibat bulan purnama cukup mempengaruhi air laut mengakibatkan ikan menghilang.

Disebutkan kemungkinan dua hingga tiga hari kedepan ikan segar jenis momar dan kawalinya agak sulit di dapat.

Pedagang lainnya Ibu Tuty mengaku membeli ikan dari tingkat nelayan dengan harga cukup tinggi, untuk satu loyang Ikan Cakalang dibeli dengan harga 1 jt sehingga dia menjual per ekor Rp90.000.

Dikatakan tingginya harga jual ditingkat nelayan karena adanya faktor cuaca yang kurang bersahabat seperti angin disertai hujan dan gelombang di perairan Maluku cukup tinggi

Melonjaknya harga Ikan tidak diikuti naiknya harga Ayam. Pedagang rata-rata masih menjual dengan harga normal. Daging ayam beku yang didatangkan dari Surabaya dijual Rp35.000/kg.

Bakry salah satu pedagang mengaku, daging ayam broiler produksi lokal dijual dengan harga berkisar antara Rp60.000 hingga Rp75.000/ekor tergantung ukuran besar dan kecilnya ayam.

Disebutkan ayam yang dijual didapat selain dari agen juga dari peternak lokal yang ada di kota Ambon.

Dari pantauan untuk jenis daging ayam kampung ditawarkan pedagang Rp90.000/ekor jenis pejantan dan Rp70.000/ekor jenis betina.

Sedangkan daging sapi segar yang ditawarkan para pedagang hingga saat ini masih tetap bertahan yakni Rp95.000/kg. Matamaluku.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *