Harga Cabai Rawit di Pasar Mardika Melambung Tinggi

  • Bagikan
Harga Cabai Rawit di Pasar Mardika Melambung Tinggi

Ambon – Harga Cabai rawit yang dijual para pedagang di Pasar Mardika Ambon saat ini tembus Rp100 ribu/kg. Kenaikan harga cabai di kota Ambon ini karena faktor cuaca ekstrem dua bulan terakhir.

Faktor cuaca dua bulan terakhir turut mendongkrak harga cabai dari sebelumnya Rp40 ribu/kg melambung hingga Rp100 ribu/kg.

Sejumlah petani di sentra produksi seperti di Pulau Seram dan Pulau Buru termasuk Ambon gagal panen.

Selain tingginya harga cabai, harga bawang merah juga ikut melonjak. Pedagang menjual dengan harga bervariasi mulai dari Rp60 ribu/kg hingga Rp70 ribu/kg.

Yuliana salah satu pedagang yang ditemui Tim Matamaluku.com di Pasar Mardika menjelaskan kenaikan kedua bumbu masak ini karena pasokan dari sentra produksi di luar kota Ambon berkurang, Hal ini dipengaruhi cuaca ekstrem yang mengakibatkan petani gagal panen.

Yuliana menjelaskan cabai rawit dijual bervariasi antara Rp80 hingga Rp100 ribu/kg, sedangkan cabai merah besar Rp40 ribu/kg. rata-rata dijual eceran Rp5 ribu/tumpuk dan Rp10 ribu ukuran kaleng susu (cupak). Sedangkan Tomat dijual Rp15 ribu/kg

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan kota Ambon, Sirjohn Slarmanat saat di wawancarai Tim Matamaluku.com mengaku, kalau harga cabai rawit yang dijual pedagang di pasar tradisional saat ini berkisar antara Rp80 ribu/kg hingga Rp100 ribu/kg.

Diketahui untuk jenis sayuran yang didatangkan dari luar Ambon seperti wortel Rp 20 ribu/kg, kentang Rp18 ribu/kg. Matamaluku.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *