Harapan Besar Pedagang Bendera Merah Putih di Masa Pandemi

  • Bagikan
Harapan Besar Pedagang Bendera Merah Putih di Masa Pandemi

Ambon – Pedagang musiman yang menjual berbagai atribut nasional, seperti bendera dan asesoris lainnya menjamur sudut kota Ambon jelang HUT Kemerdekaan 17 Agustus. Berbagai aksesoris seperti bendera, umbul-umbul dan lainnya dijajal pedagang bisa ditemukan hampir di sejumlah ruas jalan dalam kota Ambon.

Para penjual memajangkan bendera merah putih, umbul-umbul berbagai ukuran, meskipun ditengah pandemi COVID-19 saat ini, pedagang tetap menaruh harapan ada pembeli entah itu perorangan maupun instnasi pemerintah.

Para pedagang yang ditemui Tim Matamaluku.com mengakui, meski sepi pembeli mereka tetap berjualan demi bertahan hidup ditengah situasi pandemi yang belum juga berakhir.

Di beberapa lokasi tempat pedagang menggelar dagangan terlihat sepi pembeli, kalaupun ada hanya satu dua orang yang kebetulan melintas dengan kendaraan berhenti untuk membeli.

Emang Souleman salah satu pedagang mengakui, setiap tahun melakoni aktifitas menjual bendera musiman jelang HUT Kemerdekaan RI dan hari besar nasional lainya.

“Sejak COVID-19, omset penjualan kami sangat menurun, tidak seperti sebelum pandemic.Biasanya kami mendapat pesanan dari beberapa kantor, pembeli perseorangan juga banyak”kata Emang kepada DMS Media Group, Jumat (06/08).

Meskipun belum ramai pembeli lelaki paruh baya ini optimis pasti ada yang mau membeli daganganya. Kalau sebelum ada Pandemic dirinya bisa meraup keuntungan hingga diatas satu juta, berbanding terbalik dengan saat ini pengasilannya hanya berkisar 200 hingg 300 ribu rupiah.

”Ini kan ada pemberlakukan PPKM di Kota Ambon ya ? jadi berapapun yang laku terjual itulah rezeki yang dikasih sama Allah. Sebagai manusia kita harus tetap bersyukur, yang penting bisa buat makan dan keperluan lainya”ungkapnya.

Emang, menambahkan selain sepi pembeli, banyak juga pedagang dari pulau Jawa sehingga pembeli bebas untuk bertranksasi. “Tahun-tahun sebelumnya hanya ada satu dua orang pedagang yang berjualan, kalau sekarang banyak”bebernya

Minimnya pendapatan, juga diakui beberapa pedagang lainya, biasanya pekan pertama bulan Agustus jelang HUT Ke-76 RI, banyak warga menyerbu membeli berbagai jenis asesoris nasional tidak saja dari Kota Ambon tetapi juga luar kota Ambon, bahkan juga permintaan dalam stok yang banyak untuk dikirim ke daerah lain di Maluku. Matamaluku.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *