Enam Kontingen Pesparani ke-IV Tingkat Provinsi Maluku Ikut Lomba Paduan Suara Campuran

  • Bagikan
Enam Kontingen Pesparani ke-IV Tingkat Provinsi Maluku Ikut Lomba Paduan Suara Campuran

Tual – Enam Kontingen Pesparani Katolik ke-IV Tingkat Provinsi Maluku mengikuti lomba paduan suara campuran, yang berlangsung di Gereja Katolik St. Fransiskus Xaverius Kota Tual, Rabu, (28/9/2022) sore.

Keenam kontingen tersebut yakni Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Kota Tual, Kota Ambon, Kabupaten Kepulauan Tanimbar KKT), Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) dan Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT).

Adapun Lagu wajib yakni lagu Salvator Mundi ciptaan Giovanni Pierluigi da Palestrina. Sedangkan untuk lagu pilihan yaitu Gereja Bagai Bahtera, Tuhan Akan Bertakhta, Tuhan Kami Tidak Pantas.

Dewan juri terdiri dari Rony Sugiarto, Semuel Agustinus Toisuta dan Kevin Wantalangi.

Ketua Dewan Juri, Rony Sugiarto saat ditemui Tim Matamaluku.com memberikan apreasai kepada seluruh kontingen peserta lomba mampu bernyanyi dengan baik.

Kendati demikian, Rony memberikan catatan penting untuk meningkatkan performa peserta diantaranya eksplorasi teknik bernyanyi dan penempatan suara dari setiap lagu.

Rony meminta semua peserta untuk lebih giat berlatih, karena menurutnya bernyanyi dengan baik, butuh proses latihan, bukan dengan cara instan.

“Pembentukan paduan suara bukan tujuannya untuk mengikuti lomba namun paduan suara tersebut harus juga bernyanyi di gereja atau pada momen tertentu,” katanya.

Sedangkan untuk Panitia, Rony berharap agar kedepan pengamanan ruangan agar lebih steril sehingga suara dari luar gedung tidak masuk, karena mengganggu proses penilaian.

Sementara itu Sekretaris Panitia Bidang Lomba, Yoyo menjelaskan dari 13 kategori lomba yang paduan suara campuran yang terakhir dipertandingkan, pada Rabu (28/9/2022) malam.

“Sebelumnya Rabu pagi, berlangsung lomba Paduan Suara Dewasa Pria Gregorian di Gereja St. Yoseph, Mazmur OMK dan Dewasa di Gereja St. Andreas Ohoitel-Ohoitahit, sedangkan final cerdas cermat rohani (CCR) kategori anak dan remaja di gedung LPTQ Tual,” ujar Yoyo.

Pemenang untuk CCR kategori anak, juara 1 Kota Tual dengan nilai 1.450, Kota Ambon dengan nilai 1.300 dan Kabupaten Buru dengan nilai 850.

Sementara itu, CCR Remaja juara 1 diraih Kota Ambon dengan nilai 1.600, Kabupaten Malra dengan nilai 1.300 dan Kota Tual dengan nilai 700.

Untuk 11 mata lomba lain dan juara umum akan diumumkan saat acara penutupan Pesperani nanti pada Kamis (29/9/2022).

Sesuai jadwal, Kamis (29/9/2022) pagi dilakukan audisi paduan suara campuran dan seleksi cerdas cermat anak dan remaja. Malamnya Pesparani akan ditutup oleh Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Orno. Matamaluku.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *