DPRD Maluku Tengah Resmi Tetapkan APBD 2024 Senilai Rp1,7 Triliun

  • Bagikan
DPRD Malteng
DPRD Maluku Tengah Tetapkan APBD 2024 Rp1,7 Triliun

Berita Maluku Tengah, Masohi – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Maluku Tengah dan Pemerintah setempat telah menyepakati anggaran pendapatan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2024 senilai Rp1,776 triliun. Keputusan tersebut diumumkan oleh Wakil Ketua DPRD, Herry Men Carl Haurissa, yang menjelaskan bahwa penetapan anggaran 2024 sebagai Peraturan Daerah adalah dokumen resmi yang merangkum seluruh program dan kegiatan yang dikelola oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Haurissa menekankan bahwa setiap program kerja terhubung langsung dengan sistem, aturan, dan tata cara pengelolaan keuangan. Hal ini bertujuan untuk membiayai segala urusan dalam bentuk program dan kegiatan pembangunan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Total anggaran yang ditetapkan dalam APBD Tahun Anggaran 2024 mencapai Rp1,776 triliun.

Sebelumnya, Haurissa menyampaikan kata akhir dari fraksi-fraksi setelah pembahasan Rancangan APBD Tahun Anggaran 2024. Proses ini melibatkan berbagai komisi sebagai wujud kebijakan yang ditetapkan bersama. Dengan harapan, realisasi APBD 2024 dapat sesuai dengan kesepakatan yang telah diambil oleh DPRD. Haurissa juga menginginkan agar masyarakat dapat merasakan dampak positif dari pembangunan yang direalisasikan melalui APBD 2024.

Di sisi lain, Penjabat Bupati Maluku Tengah, Rakib Sahubawa, yang turut hadir dalam paripurna tersebut, menyatakan bahwa Rancangan APBD tahun 2024 mencerminkan visi untuk menciptakan daerah yang lebih baik, adil, dan berdaya saing. Dalam APBD ini, terdapat 15 Prioritas Kerja yang diakui sebagai langkah menuju perubahan tersebut.

Dalam penyusunan rancangan APBD, Pemerintah juga memperhatikan prinsip-prinsip efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas. Hal ini dilakukan untuk memastikan penggunaan anggaran yang tepat sasaran dan memberikan dampak positif bagi masyarakat. Target pendapatan yang disetujui sebagian besar berasal dari dana transfer sebesar Rp1,5 triliun, sementara target Pendapatan Asli Daerah (PAD) hanya sekitar Rp200 miliar. Adapun belanja diarahkan sebesar Rp1,773 triliun, dengan belanja operasi mencapai Rp1,2 triliun.

Selain itu, terdapat alokasi belanja modal sebesar Rp248 miliar, belanja transfer sebesar Rp262 miliar, dan belanja tidak terduga sekitar Rp9 miliar. Dengan penetapan APBD ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan untuk memajukan Kabupaten Maluku Tengah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Matamaluku

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *