DPRD Buru Sahkan 3 Ranperda Menjadi Peraturan Daerah

  • Bagikan
Paripurna DPRD
DPRD Buru Setujui 3 Ranperda Ditetapkan Menjadi Peraturan Daerah

Berita Buru, Namlea – Dalam rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Buru pada Selasa, 30 April 2024, tiga Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) telah ditetapkan menjadi Peraturan Daerah Kabupaten Buru. Proses penetapan ini melalui tahapan pembahasan yang sesuai prosedur dan mekanisme yang telah ditetapkan.

Dalam pantauan langsung dari reporter DMS Media Group, Sofyan Muhammadia, di gedung DPRD Buru, terlihat bahwa setelah melewati proses pembahasan yang ketat, tiga Ranperda akhirnya mendapat persetujuan dari anggota DPRD. Rapat paripurna tersebut dihadiri oleh 17 dari 25 anggota DPRD, dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Buru, Djalil Mukaddar, serta dihadiri oleh Penjabat Bupati Buru, Djalaludin Salampessy, beserta pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Adapun ketiga Ranperda yang disetujui meliputi pengelolaan keuangan daerah, izin usaha perkebunan, dan perubahan ketiga atas Peraturan Daerah Kabupaten Buru Nomor 17 Tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah.

Persetujuan dan penyetujuan Ranperda ini dilakukan melalui penyampaian laporan Badan Pembentukan Peraturan Daerah dan pendapat akhir fraksi, serta pengambilan keputusan oleh DPRD. Sebelum disahkan, masing-masing fraksi diberikan kesempatan untuk menyampaikan pendapat.

Penjabat Bupati Buru, Djalaludin Salampessy, menekankan pentingnya pengesahan Ranperda sebagai bagian dari produksi hukum dalam pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan. Baginya, persetujuan terhadap Ranperda merupakan bukti komitmen bersama antara pemerintah daerah dan DPRD dalam mewujudkan otonomi daerah sesuai Undang-Undang.

Proses pengesahan Ranperda ini menjadi tonggak penting dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah di Kabupaten Buru, menegaskan keseriusan pemerintah dan DPRD dalam memajukan daerah ini melalui regulasi yang sesuai dan terkini. MM

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *