Dishub Kota Ambon Usulkan Pemasangan Road Barrier di Jalan Jenderal Sudirman

  • Bagikan
Dishub Kota Ambon Usulkan Pemasangan Road Barrier di Jalan Jenderal Sudirman

Ambon – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Ambon mengusulkan kepada Balai Pelaksanaan Jalan Nasional XVI Ambon dan Dirlantas Polda Maluku untuk memasang Road Barrier di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman.

Hal ini untuk meminimalisir kemacetan akibat dari seringnya pengemudi memutar balik di tengah jalan.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Ambon Robby Sapulette mengatakan, dalam beberapa forum pertemuan baik dengan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional XVI Ambon maupun Dirlantas Polda Maluku, pihaknya telah menyampaikan penggunaan Road Barrier menyeluruh di Jalan Jenderal Sudirman.

“Dari pemantauan yang dilakukan Dishub, salah satu penyebab kemacetan di Jalan Jenderal Sudirman tersebut karena pengemudi terutama angkutan umum seenaknya memutar balik kendaraan,” ujar Sapulette saat di Wawancarai Tim Matamaluku.com di ruang kerjanya, Selasa (25/10/2022).

Usulan ini disampaikan agar tidak ada lagi pengemudi memutar kendaraan, karena sangat berbahaya apalagi memutar kendaraan pada tanjakan jalan tersebut.

“Pada titik tertentu akan diberikan akses untuk kendaraan bisa memutar,” katanya.

Diketahui Road Barrier terpasang sepanjang 50 meter lebih, terhitung mulai depan Patung Pahlawan Nasional Maluku hingga di depan Basnup Cafe & Resto.

Pemasangan pembatas jalan itu untuk mengurangi kemacetan, terutama di Simpang Lima yang kerap menjadi pemicu kemacetan di Jalan Jenderal Sudirman Ambon.

Simpang lima menjadi titik temu kendaraan dari lima arah, yakni dari arah Kebun Cengkeh, Galunggung, arah kota menuju luar kota dan sebaliknya serta masuk keluar kendaraan dari SPBU Kebun Cengkeh.

Dengan pemasangan Road Barrier itu, paling tidak bisa mengurai kemacetan di kawasan tersebut yang selalu krodit belakangan ini.

Kini pengendara dari arah dalam kota tidak bisa langsung menuju arah Kebun Cengkeh atau SPBU, tetapi harus putar balik di ujung pembatas dan sebaliknya, kendaraan dari arah Kebun Cengkeh dan Galunggung menuju luar kota juga memutar di akhir pembatas. Matamaluku.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *