Dishub Kota Ambon Kaji Penghapusan Becak di Ambon

  • Bagikan
Dishub Kota Ambon Kaji Penghapusan Becak di Ambon

Ambon – Dinas Perhubungan kota Ambon, belum mengambil kebijakan penghapusan operasional becak di Kota Ambon, kendati demikian model transportasi yang satu ini dinilai sudah tidak sesuai dengan kondisi Kota Ambon saat ini.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Ambon Robby Sapulette yang dikonfirmasi Tim Matamaluku.com di Balai Kota Ambon, Rabu (15/09) menjelaskan, perlu kajian mendalam sebelum diambil langkah peniadaan becak di Kota Ambon, agar nantinya tidak menimbulkan persoalan baru, apalagi ditengah kondisi pandemic seperti saat ini.

“Dengan situasi pandemi dan mempertimbangakn kondisi ekonomi masyarakat saat ini, sehingga kami  belum berencana menghilangkan operasional becak dalam kota Ambon, karena hal tersebut akan memberikan dampak yang luas terutama mereka para pemilik dan pengayuh becak jika nantinya operasional becak dihilangkan” kata Sapulette.

Sapulette menyadari kalau keberadaan becak tidak lagi sesuai dengan kondisi kota Ambon yang semakin padat, namun untuk mengambil kebijakan penghapusan belum bisa dilakukan karena menyangkut nasib hidup banyak orang kehilangan pekerjaan.

“Untuk penghapusan becak saat ini belum bisa. Bayangkan saja kalau becak di hapus berapa banyak orang yang berprofesi sebagai penarik becak akan kehilangan mata pencaharian. Mereka ini mau dikemanakan? Dalam kondisi pandemic COVID-19 dimana ekonomi keluarga lagi terpuruk, kita tidak boleh terburu-buru mengambil kebijakan”ujarnya

Sebagai jalan keluar Sapulette mengatakan, akan dilakukan pembenahan dan penertiban jalur yang telah ditetapkan untuk operasional becak.

“Untuk mengurangi kepadatan lalulintas di kota Ambon, langkah yang diambil adalah dengan pembatasan usia kendaraan juga perampingan beberapa trayek  secara bertahap”imbuhnya. Matamaluku.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *