Disdukcapil Kota Ambon Tingkatkan Perekaman e-KTP Menjelang Pemilu 2024

  • Bagikan
Disdukcapil Ambon
Disdukcapil Kota Ambon Maksimalkan Perkaman e-KTP Jelang Pemilu

Berita Ambon – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Ambon terus berkomitmen untuk memaksimalkan perekaman e-KTP bagi warga yang belum memiliki dokumen tersebut, menjelang Pemilu tahun 2024. Hanny Tamtelahitu, Kepala Disdukcapil Kota Ambon, menjelaskan langkah-langkah yang diambil oleh pihaknya dalam upaya ini.

Tamtelahitu menyampaikan bahwa Disdukcapil Kota Ambon secara aktif melakukan kegiatan perekaman e-KTP di desa/kelurahan dan sekolah-sekolah. Tujuannya adalah memastikan bahwa warga yang memiliki hak pilih pada Pemilu presiden, legislatif, dan Pilkada, sudah memiliki e-KTP sebagai salah satu syarat untuk menggunakan hak pilih mereka.

Meskipun sudah banyak warga yang telah memiliki e-KTP, Tamtelahitu mengakui bahwa masih ada sekitar 6 ribu pemilih pemula yang belum memiliki dokumen ini. Oleh karena itu, pihaknya gencar melakukan berbagai langkah, termasuk perekaman e-KTP dengan sistem jemput bola ke sekolah-sekolah. Ini dilakukan terutama untuk siswa yang berusia 17 tahun sebelum 14 Februari 2024, agar mereka dapat menggunakan hak pilihnya pada Pemilu.

Langkah serupa juga dilakukan Disdukcapil di desa/kelurahan pada 5 kecamatan dalam Kota Ambon, yaitu Kecamatan Nusaniwe, Sirimau, Leitimur Selatan, Teluk Ambon, dan Baguala. Selain itu, pihak Disdukcapil juga akan menyiapkan petugas di kantor mereka untuk melayani perekaman e-KTP bagi pemilih pemula yang berumur 17 tahun pada tanggal 14 Februari. Hal ini bertujuan agar pada saat yang bersamaan mereka dapat menggunakan hak pilih setelah memiliki e-KTP.

Tamtelahitu menegaskan bahwa ketersediaan blanko e-KTP di kantor Disdukcapil Kota Ambon masih mencukupi hingga bulan Maret, sehingga warga tidak perlu khawatir akan kehabisan blanko e-KTP. Upaya maksimal ini diharapkan dapat memastikan partisipasi yang tinggi dari warga dalam Pemilu 2024. Matamaluku

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *