Disdukcapil Kota Ambon Pastikan Lingkungan Kantor Bersih dari Calo

  • Bagikan
Disdukcapil Kota Ambon Pastikan Lingkungan Kantor Bersih dari Calo

Berita Ambon – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) kota Ambon memastikan lingkungan kantor Dinas Catatan Sipil Kota Ambon bersih dari para Calo yang sering berkeliarakan untuk menawarkan jasa kepada warga yang datang melakukan pengurusan dokumen kependudukan.

Hal ini disampaikan langsung oleh kepala dinas Pencatatan Sipil kota Ambon Marcella Haurissa saat di wawancarai sejumlah wartawan di Balai kota Ambon, Senin 31/05/2021 mengatakan saat ini tidak ada lagi terlihat para Calo pada lingkungan kantor Disdukcapil kota Ambon.

Namun dirinya tidak dapat memastikan jika ada Calo yang bertransaksi di luar dan hal ini diluar dari pengawasan pihaknya, sehingga jika ada warga menemukan, maka bisa langsung dilaporkan ke pihaknya atau ke pihak kepolisian untuk oknum tersebut diproses.

Sejauh ini, kata Haurissa, pihak Disdukcapil telah menangkap beberapa Calo yang bereaksi di sekitar kantor Disdukcapil kota Ambon dan yang bersangkutan di amankan dan tidak bereaksi kembali, akan tetapi jika masih ada saja warga yang tertipu oleh para Calo yang meminta sejumlah uang untuk mengurus surat – surat, maka hal tersebut  di luar kantor Disdukcapil dan bukan tanggungjawab  petugas dari Dinas Catatan Sipil kota Ambon untuk menegur karena bukan kewenangan mereka.

Ditanya soal adanya informasi yang beredar tentang ada oknum pegawai Disdukcapil yang menjadi Calo pada kantor tersebut, Haurissa membantah hal tersebut dan mengatakan  dengan tegas tidak ada pegawai Disdukcapil kota Ambon  yang menjadi Calo.

“Selama ini tidak ada pungutan, terlepas dari blangko E – KTP yang beredar misalnya , kalau bilang ada calo kita mau bilang jujur sebenarnya ada calo tapi calo itu dari masyarakat di luar, tapi calo itu bergerak di luar pagar dari dinas itu bukan tanggungjawab kita, tapi kalau dia berada lingkungan itu tanggungjawab dinas , yang jelas beta punya pegawai seng ada jadi calo” Ujarnya.

Untuk di ketahui beberapa waktu lalu dua orang perempuan calo melakukan transaksi dengan warga yang ditangkap langsung oleh kepala Dinas, dimana aksi yang di lakukan mereka di pantau langsung melalui CCTV yang berada di ruanganya.  Mereka diduga menawarkan jasa kepada masyarakat untuk mengurus akta kelahiran, Kedua calo ini pun diusir oleh kepala dinas dan akan dilaporkan kepada polisi jika mengulangi perbuatanya.

Olehnya itu Haurissa menambahkan untuk saat ini tidak ada calo di sekitar lokasi kantor catatan sipil karena selalu di pantau oleh petugas dan jika ada warga yang melapor adanya calo di kantor tersebut hal itu tidak benar. Matamaluku.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *