Dinsos Kota Ambon Gelar Pengelolaan Data Fakir Miskin

  • Bagikan
Dinsos Kota Ambon Gelar Pengelolaan Data Fakir Miskin

Ambon, Matamaluku.com – Dinas Sosial (Dinsos) Kota Ambon menggelar kegiatan Pengelolaan Data Fakir Miskin cakupan daerah kabupaten/kota tahun 2022 di Kota Ambon, yang dibuka oleh Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin Wattimena, Kamis (15/12/2022).

Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin Wattimena saat memberikan sambutan pada kegiatan yang dilaksanakan mengatakan, kemiskinan merupakan salah satu isu yang yang sangat penting dan menyita perhatian semua pihak, untuk itu berbagai upaya dilakukan pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten/kota sehingga masyarakat kategori miskin ini dapat ditangani dengan baik.

“Pemberian berbagai  bantuan dari pemerintah pusat kepada masyarakat kategori miskin baik KPM, PKH, BLT BBM, BPNT atau Bansos berupa sembako tarus dilakukan dalam rangka ketahanan ekonomi dan juga dalam upaya untuk menangani kemiskinan,” ujar Wattimena.

Wattimena menegaskan, dalam upaya penanganan kemiskinan ini juga tergantung seberapa jauh pemanfaatan data terpadu kesejahteraan sosial dalam penanggulangannya, keakuratan data harus lebih ditingkatkan melalui mekanisme validasi dan verifikasi penerima bantuan.

“Karena data yang akurat dan mutakhir termasuk calon penerima program perlindungan sosial akan menjamin program dapat berjalan dengan baik dan tepat sasaran, dan jika data yang kurang akurat akan mempengaruhi cakupan capaian dalam mekanisme sebuah program dan kegiatan,” katanya.

Wattimena mengatakan, jika data yang dimiliki tidak akurat, maka akan membias dan salah sasaran termasuk salah dalam perencanaan yang berakibat pada tidak maksimalnya program dan kegiatan yang dilaksanakan.

“Untuk itu para operator yang mengikuti kegiatan ini dapat memahami terkait upaya pemutakhiran data sehingga data layak digunakan dalam upaya intervensi program dan pemberian bantuan sosial kepada masyarakat sesuai program yang terintegrasi,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kota Ambon Nurhayati Jasin saat diwawancarai Tim Matamaluku.com menjelaskan, kegiatan yang dilaksanakan ini untuk memastikan keakuratan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), agar bantuan yang diberikan kepada warga miskin penerima bantuan tepat sasaran.

“Yang lebih mengetahui warga miskin penerima bantuan adalah aparat yang bertugas pada desa dan kelurahan, sehingga dapat langsung menggunakan sistem yang ada pada dinas sosial untuk verifikasi data pada desa dan kelurahan masing-masing,” ujar Nurhayati.

Nurhayati menambahkan, selama ini ini sistem yang terbangun adalah pihak desa dan kelurahan memberikan data ke dinas sosial untuk menginput, akan tetapi saat ini semua desa dan kelurahan dapat langsung menggunakan sistem tersebut untuk memverifikasi data secara langsung dalam sistem.

Kegiatan Pengelolaan Data Fakir Miskin cakupan daerah kabupaten/kota tahun 2022 di Kota Ambon juga menghadirkan narasumber dari Pusdatin Kementerian Sosial Anggiat Marbun, dari Dinas Sosial Provinsi Maluku, serta dihadiri oleh pimpinan OPD dan peserta pengelolaan data fakir miskin.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *