Dinkes Kota Ambon Gencar Lakukan 3T

  • Bagikan
Dinkes Kota Ambon Gencar Lakukan 3T

Ambon – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ambon mengakui terjadinya lonjakan kasus dikarenakan petugas kesehatan gencar melakukan Testing, Tracing, Treatment (3T) kepada Aparatur Sipil Negara (ASN), masyarakat dan siswa sekolah.

Upaya 3T atau tindakan melakukan tes COVID-19 (testing), penelusuran kontak erat (tracing), dan tindaklanjut berupa perawatan pada pasien COVID-19 (treatment) adalah salah satu upaya utama dalam penanganan COVID-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy, saat memberikan keterangan Pers kepada sejumlah wartawan di ruang Vlissingen Balai Kota Ambon, Senin (7/2/2022) menjelaskan, angka kasus terkonfirmasi cukup tinggi di kota Ambon dalam beberapa minggu belakangan, karena petugas kesehatan gencar melakukan 3T.

“Pelaksanaan 3T dilakukan bagi para ASN Pemerintah kota, Siswa-siswi pada sekolah–sekolah khususnya 12 sekolah yang melakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dan juga kepada orang yang kontak erat dengan pasien yang terkonfirmasi,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy.

Dari hasil penelusuran itu, jika ditemukan ada warga yang terkonfirmasi, petugas kesehatan langsung menyampaikan kepada yang bersangkutan untuk isolasi mandiri sekaligus mengarahkan untuk tidak melakukan kegiatan diluar rumah agar tidak menularkan kepada orang lain.

Lebih lanjut, Pelupessy mengatakan, naiknya jumlah warga yang terkonfirmasi positif COVID-19, maka hanya di kota Ambon tetapi hal yang sama juga terjadi pada hampir sebagian besar daerah yang ada di Indonesia.

Kondisi yang ada saat ini sesuai prediksi pada bulan Februari hingga Maret akan terjadinya lonjakan kasus terkonfirmasi COVID-19 pada sejumlah daerah di Indonesia.

Dengan demikian, maka kewaspadaan dan selalu tertib melaksanakan protokol kesehatan menjadi salah satu kunci utama dalam mencegah penyebaran virus COVID-19 yang semakin meningkat, masyarakat diharapkan untuk selalu waspada dan bagi yang belum melakukan vaksinasi baik peertama, kedua, maupun ketiga bisa langsung mendatangi lokasi-lokasi pelaksanaan vaksinasi di tempat tinggal masing-masing. Matamaluku.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *