banner 325x300

Dinas Sosial Gelar Kegiatan Penguatan LK3 Untuk Tingkatkan SDM

  • Bagikan
Dinas Sosial Gelar Kegiatan Penguatan LK3 Untuk Tingkatkan SDM

Ambon- Pemerintah Kota Ambon melalui Dinas Sosial menyelenggarakan kegiatan penguatan Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3) tahun 2021, dalam rangka menigkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM), yang berlangsung di salah satu hotel dalam kota Ambon pada  Senin (3/5/2021).

Sekretaris kota Ambon AG Latuheru, saat menyampaikan sambutan mewakili walikota Ambon Richard Louhenapessy, mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan ini, diharapkan akan mampu memberikan pemahaman kepada para pengurus maupun perangkat desa, sehingga dapat menyelesaikan berbagai persoalan yang muncul di tengah-tengah lingkungan keluarga dan masyarakat.

Dikatakan Latuheru, seiring dengan perubahan ditengah masyarakat, mengakibatkan berbagai persoalan yang dihadapi dalam keluarga juga semakin kompleks seperti kemiskinan, ketelantaran anak, kekerasan dalam rumah tangga, trafficking dan penyalagunaan narkoba.

Latuheru mengatakan sebelum pandemi COVID-19 masalah – masalah sosial yang sering di hadapi yakni kekerasan anak  dan  kekerasan dalam Rumah Tangga, namun hal ini terkadang jarang terekspos ke luar karena berbagai faktor.

Saat ini, kata Latuheru  kekerasan yang paling berat di masa pandemi COVID-19, adalah kekerasan dalam bentuk fisikis, akibat factor ekonomi rumah tangga karena banyak terjadi pemutusan tenaga kerja, sehingga tugas suami menafkahi keluarga terganggu dan menimbulkan persoalan antar suami dan istri.

Pemerintah Kota Ambon berkewajiban melakukan upaya peningkatan jaminan sosial kepada masyarakat yang membutuhkan layanan secara komprehensif dan terpadu oleh seluruh stakeholder di daerah ini.

Oleh karena itu Latuheru berharap, dengan di selenggarakanya kegiatan ini maka seluruh peserta yang hadir dapat meningkatkan kemampuan serta wawasan untuk lebih peka dalam melihat persoalan yang dinilai berpotensi menimbulkan  kekerasan dalam bentuk apapun untuk dapat segera diminimalisir sedini mungkin.

“Hari ini yang di sampaikan di kerjakan hari ini bisa bermanfaat dan kita bisa mengatasinya, kita sebagai pioneer-pioner yang bisa jadi jembatan untuk bisa menyatukan dan sekaligus bisa member motifasi bisa ada dalam kehidupan yang terus menjaga harmonisasi kalau itu kita bisa jaga beta yakin bahwa semua berjalan dengan baik di tengah keluarga, lingkungan masyarakat, desa, negri, kelurahan dan juga di tengah kota yang kita cintai” Ujar Latuheru.

Sementara itu Maria Lewakabessy kabid pemberdayaan Sosial dan PFM Dinas Sosial Kota Ambon,  mengatakan kegiatan ini bertujuan guna membentuk pemahaman bagi masyarakat agar mampu mengatasi berbagai persoalan sosial yang muncul, selian itu juga memberikan informasi kepada setiap keluarga berkaitan solusi dalam menyelesaikan permasalahan yang muncul.

Selian itu juga organisasi dan kelompok, masyarakat dan individu yang peduli terhadapat permasalahan keluaraga dapat berperan aktif mengatasi berbagai persoalan keluarga yang dihadapai ditengah masyarakat terutama pada lingkungan keluarga.

“Pertama terbentuknya pemahaman masyarakat atas dasar peran yang di lakukan dalam mengatasi berbagai masalah sosial, yang kedua keluarga memperoleh informasi tentang berbagai hal yang berkaitan dengan upaya pemecahan masalah, yang ketiga organisasi kelompok masyarakat , keluarga individu yang peduli terhadap rakyat dan cara mengatasinya sehingga dapat berperan secara aktif” Ujarnya.

Lewat kegiatan ini, diharapkan dukungan penuh dari semua unsur, baik itu pengurus maupun perangkat desa sebagai peserta aktif, guna memastikan segala persoalan sosial yang muncul ditengah masyarakat terutama dalam keluarag bisa diselesaikan dengan baik.

Diharapkan pengurus lembaga konsultasi serta perangkat desa dapat mengetahui sejauh mana peran yang harus dilakukan ketika berhadapan dengan masalah di masyarakat secara langsung dan normative. Matamaluku.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *