Dibawa Kepemimpinan Bupati Tuasikal Abua, Maluku Tengah Kembali Masuk Sebagai Kabupaten Inovatif Tahun 2021

  • Bagikan
Dibawa Kepemimpinan Bupati Tuasikal Abua, Maluku Tengah Kembali Masuk Sebagai Kabupaten Inovatif Tahun 2021

Maluku Tengah, Masohi – Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah dibawa kepemimpinan Bupati, Tuasikal Abua dan Wakil Bupati, Marlatu Leleury, kembali masuk sebagai Kabupaten yang Sangat Inovatif Tahun 2021, untuk kategori inovasi pemberdayaan UMKM.

Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua, usai melakukan presentasi program Kabupaten Inovatif secara daring di Kantor Bupati setempat, mengikutsertakan dewan juri dari kementerian lembaga, media dan beberapa instansi/ lembaga kredibel lainnya.

Program inovasi diberi nama Pemerintah Bank dan Bisnis (PBB) diperuntukan bagi pemberdayaan UMKM.

“Melalui program inovasi ini pelaku UMKM tinggal mengajukan pinjaman dana usaha sebesar Rp20 Juta ke pihak perbankan tanpa melalui bunga karena dibayar oleh Pemda Maluku Tengah”Kata Bupati di Masohi, Sabtu (17/7)

Dijelaskan Pemda melalui APBD menyiapkan Rp 1 Miliar sebagai dana talangan untuk membayar bunga bank, sehingga diharapkan kesempatan ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh pelaku UMKM untuk lebih meningkatkan bisnis usahanya lebih maju.

“Pelaku UMKM tinggal mengajukan permohonan ke pihak Bank. Kredit modal kerja selanjutnya akan digelontorkan oleh Bank Mitra kepada UMKM, tentunya setelah melalui seleksi terlebih dahulu” Jelasnya

Dikatakan capaian itu merupakan kerja keras Pemda dalam mengembangkan berbagai konsep inovasi pelayanan publik di Maluku Tengah.

Sebelumnya Pemerintah Maluku Tengah Tahun 2020, memperolah penghargaan predikat sangat inovatif berdasarkan indeks inovasi daerah pada acara IGA 2020, dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

Pemda Maluku Tengah merupakan satu dari 195 Pemerintah Daerah (Pemda) yang mendapat predikat sangat inovatif berdasarkan indeks inovasi daerah pada acara IGA 2020 itu.

IGA merupakan apresiasi Pemerintah Pusat kepada pemerintah daerah yang diharapkan dapat mendorong Pemda dalam mengembangkan inovasi pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan menuju arah yang lebih baik.

Bupati berharap kedepanya pengembangan inovasi lebih ditingkatkan sehingga meberi dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi di daerah itu lebih baik. Matamaluku.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *