Demi Amankan Gunung Botak, Polda Maluku Minta Dukungan Pemda

  • Bagikan
Demi Amankan Gunung Botak, Polda Maluku Minta Dukungan Pemda

Buru – Untuk mengamankan lokasi tambang emas gunung Botak dari pencemaran lingkungan, Kepolisian Daerah Polda Maluku meminta dukungan Pemda setempat dengan Pemda Maluku untuk bersama pihak kepolsian dalam menciptakan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas).

Kabid Humas Polda Maluku, M. Roem Ohoirat, dalam keterangnya pada Selasa 25/05/2021, mengatakan, selama ini persoalan di kawasan tambang emas Gunung Botak ditangani secara bersama, baik Polri, TNI, maupun Pemda. disana, sempat dilakukan pendirian Pos PAM bersama di sejumlah titik yang menjadi pintu masuk menuju daerah tambang emas tersebut.

Dikatakanya, selama ini pengamanan kawasan tambang emas dilakukan bersama dengan melibatkan Pemda setempat, Namun, pada November 2020 lalu, Pemda Kabupaten Buru menarik diri dan tidak lagi membantu PAM dikawasan tersebut.

Sejak penarikan itu, dukungan pengamanan seperti biaya operasional makan minum terhenti. Meski begitu, pengamanan kawasan masih terus dilakukan oleh Polres Buru hingga akhirnya dikendorkan polisi pada Maret 2021 lalu.

Dengan tidak lagi dilakukan pengawasan, maka banyak  penambang ilegal dari berbagai daerah saat ini mulai berdatangan, Baik warga di luar Maluku maupun dari dalam melakukan rutinitas penambangan secara ilegal pada lokasi tersebut.

“Salah satu kendala POLRI dalam pengamanan gunung Botak adalah, pertama sampai saat ini belum ada kebijakan yang jelas oleh pemeirntah terkait dengan penanganan gunung Botak, kemudian yang kedua adalah sudah tidak adanya bantuan dari pemerintah, terutama dari pemerintah kabupaten Buru terhadap pengamanan di gunung Botak, inilah yang menjadi kendala utama kami dalam pengamanan di gunung Botak” Ujarnya.

Hal ini menurutnya akan banyak menimbulkan persoalan baru, jika tidak segera ditangani, semisalnya masalah ketertiban dan keamanan, termasuk menyangkut masalah ekonomi masyarakat dan yang paling terpenting adalah  munculnya masalah pencemaran lingkungan.

Roem mengaku, apabila persoalan ini tidak segera ditangani secara baik, maka masalah yang ditimbulkan akan semakin meluas, terutama di sisi pencemaran lingkungan dan sampai kapanpun masyarakat akan berusaha masuk secara ilegal di sana. Dan jika terjadi permasalahan di sana, maka yang akan di soroti adalah polisi sendiri sebagai pengamanan di daerah tersebut.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *