Debat Cawapres Pemilu 2024: Sorotan Terhadap Ekonomi dan Visi Masa Depan

  • Bagikan
3 Cawapres Pemilu 2024
Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar (kanan) berbincang dengan cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka (tengah) dan cawapres nomor urut 3 Mahfud MD (kiri)

Jakarta – Malam ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menggelar debat kedua calon wakil presiden (cawapres) Pemilu 2024 di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta. Debat ini melibatkan tiga cawapres dan menandai debat perdana bagi calon wakil presiden.

Tema utama debat cawapres kali ini berfokus pada sektor ekonomi, mencakup ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), infrastruktur, dan perkotaan.

Debat cawapres pertama akan dipandu oleh dua moderator, yaitu Alfito Deannova dan Liviana Cherlisa. Terdapat 11 panelis yang akan menyusun pertanyaan untuk para cawapres.

Hasyim Asy’ari, Ketua KPU RI, menjelaskan bahwa para cawapres yang mengikuti debat diperbolehkan membawa alat tulis berupa kertas dan pena untuk diletakkan di podium. Namun, ia menegaskan bahwa alat bantu lainnya, seperti teleprompter dan komputer tablet, tidak diizinkan dibawa ke podium debat.

Sebagai tambahan informasi, debat kedua memiliki perbedaan dengan debat pertama karena adanya podium sebagai sarana tampil bagi setiap cawapres. Keputusan ini diambil setelah KPU menyetujui masukan dari tim kampanye pasangan calon presiden dan wakil presiden.

Debat cawapres pertama akan terdiri dari enam segmen, mulai dari penyampaian visi, misi, dan program kerja hingga pendalaman visi, misi, dan program kerja. Moderator akan mengajukan pertanyaan kepada masing-masing cawapres, yang kemudian akan memberikan tanggapan.

KPU telah menerima pendaftaran tiga pasangan capres-cawapres, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Masa kampanye Pemilu berlangsung dari 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, dengan pemungutan suara dijadwalkan pada 14 Februari 2024. Matamaluku/Ac

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *