banner 325x300

Calon Jemaah Haji Asal Halbar Ikuti BImbingan Manasik Haji Mandiri

  • Bagikan
Calon Jemaah Haji Asal Halbar Ikuti BImbingan Manasik Haji Mandiri

Berita Maluku Utara, Jailolo – Sejumlah calon jamaah haji Kabupaten Halmahera Barat mengikuti bimbingan manasik haji mandiri, Rabu (03/03/2022).

Bimbingan Manasik Haji Mandiri

Dalam rangka agar calaon jamaah Haji tidak lagi bingung praktek Tawaf mengelilingi Hijir Ismail, Kabah sebanyak 7 kali.

Manasik Haji tadi dibimbing langsung oleh Ust. Syarif dari Kementerian Agama (Kemenag) Propinsi Maluku Utara.

Ust. Syarif menyampaikan, manasik haji ini dilakukan serentak di seluruh kementerian agama yang ada di Indonesia, hal ini dilakukan karena sudah mendapatkan respon dari Mekkah Arab Saudi, namun untuk kapan pemberangkatan itu belum ada kepastian kapan.

Menurutnya, jamaah haji yang akan diberangkatkan nanti dengan beberapa opsi, pertama yaitu dilihat dari batas umur, kedua dikurangi kuota untuk jamaah haji di seluruh daerah karena untuk kuota Indonesia dibatasi akibat pandemi covid-19.

“Manasik haji mandiri ini kita tetap lakukan walaupun belum mendapatkan informasi lebih lanjut dari pihak Arab Saudi. Intinya kami tetap lakukan bimbingan kepadan calon Jamaah haji tahapan demi tahapan tetap kita lakukan, menjaga kemungkinan jangan sampai pemberangkatan haji tahun ini bakal dilaksanakan maka kita tidak ada kesiapan,” katanya.

“Selain manasik haji kami juga selalu rutin melakukan sosialisasi untuk tahapan-tahapan para calon jamaah haji dan juga untuk selalu memeriksa seluruh kondisi kesehatan bagi calon jamaah haji tahun ini,” tambahnya.

Dia juga berharap kepada seluruh keluarga dan pihak Kemeng kabupaten agar selalu intens dalam melakukan sosialisasi terutama dan diutamakan adalah kondisi kesehatan para jamaah haji.

“Intinya manasik haji ini adalah agar para jamaah haji dapat menjalankan jamaah haji yang mabrur sesuai dengan anjuran baginda Rasulullah SAW,” katanya lagi. DMS

  • Bagikan