Bupati Malteng Tuasikal Abua Lantik Kepala Pemerintah Negeri Waraka

  • Bagikan
Bupati Malteng Tuasikal Abua Lantik Kepala Pemerintah Negeri Waraka

Maluku Tengah, Waraka – Bupati Maluku Tengah (Malteng), Tuasikal Abua melantik Rischard Y.B Lailossa sebagai Kepala Pemerintah  Negeri Waraka, Kecamatan Teluk Elpaputih, Kabupaten Maluku Tengah, Rabu (29/09).

Pelantikan terhadap Lailossa untuk ketiga kalinya sebagai Raja Negeri Waraka ini berlangsung di kediaman Raja Negeri Waraka.

Bupati Tuasikal Abua, mengapresiasi dan menyambut baik terlaksananya pelantikan Rischard Lailossa sebagai kepala Pemerintah Negeri Waraka, karena ditetapkan melalui mekanisme dan aturan yang berlaku di masyarakat yaitu melalui penetapan dan musyawarah oleh mata rumah/keturunan parentah.

Tuasikal menilai kalau masyarakat Negeri Waraka memiliki kesadaran yang baik tentang pentingnya keberadaan figur seorang pemimpin definitif dalam penyelenggaraan pemerintahan negeri.

Pelantikan itu kata Tuasiakal merupakan manifestasi tata kelola pemerintahan khususnya menyangkut Pemerintahan Negeri yang ada di Kabupaten Maluku Tengah.

Oleh karena itu, Tuasikal berharap Raja Rischard Lailossa mampu melaksanakan tugas dengan baik karena merupakan amanah suci yang harus dilaksanakan dengan penuh dedikasi guna kemajuan dan kemakmuran rakyat di negeri Waraka.

Menyikapi berbagai persoalan dan harapan masyarakat yang semakin keras disuarakan untuk mendapatkan pelayanan publik yang lebih baik, terutama dalam kondisi pandemi COVID-19, Tuasikal berharap Lailossa mampu melakukan terobosan yang inovatif dalam merumuskan berbagai program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat guna mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat menuju kemajuan dan kemandirian negeri.

Terkait pengelolaan keuangan, Tuasikal mengingatkan agar seluruh proses dan mekanisme pengelolaan keuangan baik Dana Desa (DD) maupun Alokasi Dana Desa (ADD) dilakukan sesuai dengan ketentuan sehingga terhindar dari jeratan hukum.

Kesempatan yang sama Tuasikal berharap perhatian serius dan dukungan dari seluruh Kepala Pemerintah Negeri di Kecamatan Teluk Elpaputih untuk terus berupaya mendorong percepatan pelaksanaan program Vaksinasi di setiap Negeri.

Tuasikal juga meminta seluruh KPN di kecamatan itu senantiasa  memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai vaksinasi sehingga nantinya cakupan vaksinasi di Kabupaten Maluku Tengah semakin meningkat dan masyarakat semakin sehat sehingga berdampak menurunnya angka COVID-19 di Kabupaten Maluku Tengah.

Masyarakat di daerah itu juga dihimbau untuk selalu bekerjasama, bahu membahu, saling menghargai dan menghormati, serta memantapkan ikatan kekeluargaan sebagai orang basudara untuk terus mengembangkan semangat kebersamaan dalam pembangunan demi mewujudkan Maluku Tengah yang Lebih Maju, Sejahtera dan Berkeadilan dalam Semangat Hidup Orang Basudara.

Hadir dalam pelantikan tersebut selain Bupati diantaranya Wakil Bupati, Wakil Ketua DPRD Maluku Tengah bersama sejumlah angotta DPRD , Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), Pimpinan SKPD dan kepala pemerintah negeri tetangga, tokoh adat dan tokoh agama serta disaksikan masyarakat Negeri Waraka. Matamaluku.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *