banner 325x300

Brasil Mencatat Rekor 100.000 Kasus Virus Corona Baru Dalam Sehari

  • Bagikan
Brasil Mencatat Rekor 100.000 Kasus Virus Corona Baru Dalam Sehari

Berita Internasional, Rio De Janeiro – Brasil pada Kamis mencatat rekor 100.158 kasus virus corona baru dalam waktu 24 jam, kata Kementerian Kesehatan, menggarisbawahi skala wabah bola salju yang menjadi krisis politik besar bagi Presiden Jair Bolsonaro.

Rekor Kasus Virus Corona

Rekor beban kasus, bersama dengan 2.777 lebih kematian karena COVID-19, terjadi sehari setelah Brasil melampaui 300.000 kematian akibat pandemi, jumlah kematian terburuk di dunia setelah Amerika Serikat.

Wabah Brasil telah mencetak rekor mingguan karena peluncuran vaksin yang tidak merata, kurangnya koordinasi nasional dan varian baru yang menular. Kritikus, termasuk anggota parlemen senior yang memiliki hubungan dengan presiden, semakin menyalahkan Bolsonaro atas penanganan pandemi yang dilakukannya. Dia telah menuai kritik tajam atas upayanya untuk memblokir penguncian, topeng cemoohan dan menabur keraguan atas vaksin.

Bolsonaro juga menghadapi seruan yang meningkat untuk menggantikan Menteri Luar Negeri Ernesto Araujo karena kegagalan dalam tanggapan COVID-19 negara itu. Presiden Senat Rodrigo Pacheco mengatakan pada hari Kamis bahwa kebijakan luar negeri Brasil harus diperbaiki, menambahkan bahwa itu tergantung pada Bolsonaro untuk memutuskan apakah dia akan menggantikan Araujo.

Seorang sekutu ideologis dekat presiden, Araujo telah menghadapi kritik atas penolakannya terhadap negara adidaya vaksin China dan berjuang untuk mengamankan dosis dari persediaan AS.

Sumber yang dekat dengan presiden mengatakan bahwa Bolsonaro lebih suka tidak kehilangan Araujo, seorang penggemar yang diakui mantan Presiden AS Donald Trump yang telah berjuang untuk maju dengan Gedung Putih Presiden baru Joe Biden. Namun sumber, yang tidak mau disebutkan namanya, mengatakan Araujo tidak tegas. Yang satu mengatakan presiden kemungkinan besar akan meninggalkan Araujo.

Bolsonaro, yang mempertanyakan “terburu-buru” untuk membeli vaksin tahun lalu, telah berjanji untuk meningkatkan dorongan inokulasi di negara itu, menargetkan 1 juta dosis harian, dibandingkan dengan sekitar 350.000 per hari selama seminggu terakhir.

Pada hari Kamis, Menteri Ekonomi Paulo Guedes menyarankan agar sektor swasta dapat membantu mempercepat imunisasi dengan membeli persediaan dan menyumbangkannya kepada pemerintah. Tidak jelas apakah gagasan itu dapat bertahan di pasar global yang ketat untuk vaksin. DMS

  • Bagikan