BMKG: Hujan Ringan hingga Lebat di Beberapa Kota Besar

  • Bagikan
Ilustrasi hujan lebat
Ilustrasi Hujan Lebat

Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini mengenai potensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang mungkin disertai kilat dan angin kencang di berbagai kota besar di Indonesia pada Jumat pagi.

Dilansir dari situs resmi BMKG di Jakarta, diprakirakan beberapa kota besar akan mengalami hujan lebat disertai petir dan angin kencang. Kota-kota tersebut meliputi Tanjung Pinang, Padang, Banda Aceh, Pangkal Pinang, Bengkulu, dan Gorontalo.

BMKG juga memprakirakan hujan dengan intensitas sedang di beberapa kota besar lainnya seperti Manado, Palu, Mamuju, Kendari, dan Jayapura.

Sementara itu, kota-kota besar lainnya berpotensi mengalami hujan ringan, di antaranya Tanjung Selor, Banjarmasin, Samarinda, Makassar, Ternate, Manokwari, dan Ambon. Adapun sisanya akan menghadapi cuaca berawan tebal.

Secara khusus untuk wilayah DKI Jakarta, BMKG memprakirakan cuaca cerah berawan akan menyelimuti seluruh wilayah pada pagi hingga siang hari, yang kemudian akan berganti menjadi cerah pada malam hari.

BMKG menjelaskan bahwa sirkulasi siklonik yang saat ini berada di Laut Andaman dan Laut Natuna berpotensi meningkatkan pertumbuhan awan hujan di sekitar daerah sirkulasi siklonik dan sepanjang daerah konvergensi atau konfluensi.

Selain itu, BMKG meminta masyarakat untuk mewaspadai potensi banjir rob di sepanjang pesisir Kepulauan Riau dan pesisir utara Jawa Tengah, mengingat prakiraan tinggi gelombang air laut di wilayah Indonesia. MM/AC

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *