BMKG Ambon Peringatkan Waspada Gelombang Tinggi di Perairan Maluku

  • Bagikan
BMKG Ambon Peringatkan Waspada Gelombang Tinggi di Perairan

Ambon – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Ambon memperingatkan masyarakat agar mewaspadai gelombang tinggi mencapai empat meter di perairan Maluku, dua hari kedepan (15-16 Juli).

“Gelombang tinggi 2,5 meter hingga empat meter berpeluang terjadi di Laut Banda bagian utara dan selatan bagian barat,  peraiaran selatan Buru, perairan Kepulauan Tanimbar, Arafuru bagian barat dan tengah, Perairan Kei dan Kepualuan Aru,  yang berisiko terhadap keselamatan pelayaran,” kata Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Ambon, Ashar, Kamis .

BMKG Ambon mengatakan pola angin di wilayah Indonesia bagian utara, umumnya bergerak dari timur ke tenggara hingga barat daya, dengan kecepatan 4-25 knot.

Sedangkan di wilayah selatan Indonesia umumnya bergerak dari timur hingga tenggara, dengan kecepatan 5- 25 knot.

Kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan laut Seram bagian barat barat,laut Seram bagian timur, perairan Buru dan  Ambon – Lease” Kondisi ini mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang di sekitar wilayah tersebut,” katanya.

BMKG Ambon menghimbau masyarakat untuk memperhatikan risiko tinggi keselamatan pelayaran.

Risiko tinggi untuk perahu nelayan, jika kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 meter, sedangkan kapal tongkang 16 knot dengan tinggi gelombang 1.5 meter.

Sementara risiko tinggi untuk kapal fery kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter, dan kapal ukuran besar seperti kapal kargo atau kapal pesiar, risiko tinggi jika menghadapi kecepatan angin di atas 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4 meter.

“Masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi untuk tetap waspada” harapnya. Matamaluku.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *