Bertambah Satu Pasien Meninggal Terpapar COVID-19 di RSUD Masohi

  • Bagikan
Bertamabh Satu Pasien Meninggal Terpapar COVID-19 di RSUD Masohi

Maluku Tengah, Masohi – Bertambah satu lagi pasien COVID-19, berinisial TMH (52), meninggal dunia di RSUD Masohi  Maluku Tengah,  pada Selasa 13 Juli 2021, sekitar Pukul 05:00 WIT.

Direktur RSUD Masohi, dr.Mohammad Ramli Selay, membenarkan almarhumah TMH, dirawat di RSUD Masohi sejak Senin 12 Juli 2021.Pasien dinyatakan meninggal dengan comorbid setelah dilakukan uji spesimen menggunakan metode tes cepat molekuler (TCM).

Almarhumah TMH yang diketahui salah satu ASN Dinas Pertanian Maluku Tengah itu, dibawa ke RSUD oleh keluarga dengan keluhan sesak nafas, langsung mendapatkan penanganan medis IGD.

Selay mengemukakan, tim medis RSUD Masohi, belum sempat melakukan tes usap, mengigat kondisi pasien yang tidak stabil saat dibawah ke rumah sakit, sehingga kemudian dilakukan tes cepat molekuler (TCM) dan hasilnya dinyatakan positif COVID-19.

Dikatakan metode pemeriksaan dalam TCM menggunakan sampel dahak dengan amplifikasi asam nukleat berbasis cartridge.  Sementara TCM, lanjutnya, bisa mendiagnosis dengan cepat, kurang dari 15 menit, dan bisa dilakukan di luar laboratorium.

Disebutkan keluarga almarhumah menyatakan, menerima hasil diagnosis setelah dinyatakan meninggal. Pihak pihak RSUD bersama gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Maluku Tengah juga berkoordinasi dengan pihak keluarga untuk proses pemulasaran dan pemakaman jenasah dengan protokol COVID-19.

Proses pemulasaran jenazah almarhumah TMH dilaksanakan di RSUD Masohi, yang terlebih dahulu disholatkan oleh keluarga.

Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua turut hadir memberikan penghormatan terakhir dan melepas jenasah almarhumah menuju tempat pemakaman umum muslim.

Tim relawan yang bertugas pada proses pemakaman almarhumah di TPU Muslim, Selasa (13/07) adalah tim Satgas Covid-19 Maluku Tengah.

Pemerintah Daerah Provinsi Kabupaten Maluku Tengah bersama  Satuan Tugas Penanganan COVID-19 turut berbelasungkawa atas meninggalnya almarhumah.

Semoga almarhumah mendapat tempat yang layak di sisi Tuhan YME, dan keluarga yang ditinggalkan selalu diberikan ketabahan. Matamaluku.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *