“Basudara Pattimura” Menjadi Program Unggulan Pangdam XVI Pattimura

  • Bagikan
Pangdam Pattimura 1
Basudara Pattimura Jadi Program Pangdam Di Maluku

Berita Maluku, Ambon – Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XVI Pattimura, Syafrial, memperkenalkan program “Basudara Pattimura” sebagai inisiatif utama untuk menjamin keamanan dan keterkendalian di Maluku dan Maluku Utara. Program ini mengangkat konsep “Pela Gandong” sebagai simbol untuk mempererat hubungan sosial dan kebersamaan masyarakat di tanah raja-raja.

Pangdam XVI Pattimura, Syafrial, menyampaikan pesannya saat memberikan himbauan di sela-sela pelaksanaan sholat Jumat di Masjid Raya Al-Fatah Ambon, Jumat, 02 Februari 2024. Dalam pernyataannya, Pangdam menegaskan kesiapan TNI untuk selalu mendukung kepolisian dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban di wilayah kerja Kodam XVI Pattimura.

Menjelang pemilihan umum pada 14 Februari, Pangdam memandang pentingnya kolaborasi masyarakat dalam menjaga ketertiban dan keamanan. Ia menekankan bahwa perbedaan pilihan politik adalah hal yang wajar dalam demokrasi. Oleh karena itu, masyarakat diharapkan dapat menanggapi perbedaan tersebut dengan semangat persatuan dan kesatuan, serta menjaga rasa kekeluargaan.

Pangdam menyatakan bahwa hak masyarakat untuk menentukan pilihan pemimpin, baik presiden, wakil presiden, maupun wakil rakyat di DPR, DPD, dan DPRD, adalah hak yang harus dihormati tanpa unsur paksaan dari pihak manapun.

Dalam konteks persiapan menjelang Pemilu 2024, Pangdam telah menggelar apel pasukan sebagai langkah untuk memastikan keamanan dan kondusifitas acara tersebut. Apel ini melibatkan 9.963 personel gabungan dari TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara yang siap membantu dalam pengamanan pemilu di Maluku dan Maluku Utara. Keberhasilan program “Basudara Pattimura” diharapkan dapat memastikan pelaksanaan pemilu berlangsung dengan aman dan tertib, mendukung kelancaran rutinitas masyarakat tanpa gangguan keamanan. Matamaluku

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *