Banjir Bandang Terjang Desa Sabuai Kabupaten SBT

  • Bagikan
Banjir Bandang Terjang Desa Sabuai Kabupaten SBT

Seram Bagian Timur, Sabuai – Banjir Bandang kembali menerjang Desa Sabuai, Kecamatan Siwalilalat, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) pada Selasa (5/7/2022).

Terjangan banjr bandang ini akibat intensitas curah hujan yang cukup tinggi di wilayah Pulau Seram sejak beberapa hari belakakangan, banjir bandang dengan ketinggian air mencapai 1 meter itu menyebabkan 20 rumah warga terendam air.

Eta salah satu warga Desa Sabuai mengaku, pembalakan hutan adat yang dilakukan CV. Sumber Berkat Makmur (SBM) milik Imanuel Quderesman alias Yongki. disinyalir menjadi penyebab utama banjir yang terjadi.

Eta mengatakan musibah banjir ini untuk kedua kalinya ini yang terparah dibandingkan bencana yang sama terjadi pekan awal Agustus 2021 lalu.

Ketinggian air yang menggenangi rumah warga mencapai lutut orang dewasa, bahkan di beberapa kawasan ketinggian air mencapai dada orang dewasa.

Salah seorang warga lainnya bernama Frans menambahkan, dampak dari kegiatan penebangan tersebut telah berdampak pemukiman warga di Desa Sabuai terendam setiap musim penghujan.

Frans menegaskan kejadian banjir ini harus menjadi peringatan bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) SBT dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku dalam mengeluarkan izin pembalakan liar berkedok perkebunan.

Ia menambahkan belum ada bantuan yang disalurkan oleh Pemerintah Kabupaten SBT. Saat ini yang bisa dilakukan warga adalah dengan bertahan dalam rumah yang terendam hingga banjir surut. Matamaluku.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *