Tips Belajar Bahasa Maluku dan Mengenali Kosa kata Popularnya

  • Bagikan
translate bahasa maluku
Sumber: blog.ling-go.net

Matamaluku.com – Maluku memang dikenal sebagai salah satu provinsi yang ada di Indonesia yang menawarkan budaya dan juga keberagaman alam yang sangat cantik. Tak heran jika ada banyak turis lokal dan internasional yang berkunjung. Jadi untuk anda yang berencana liburan, tak ada salahnya untuk berkunjung dan menikmati keindahan alam dan budaya serta belajar Bahasa Maluku.

Salah satu bahasa daerah yang dimiliki oleh Indonesia adalah Bahasa Maluku. Bahasa ini paling banyak sekali digunakan di daerah kisaran Maluku hingga Ambon. Mempelajari bahasa Maluku sangat penting untuk anda yang berencana untuk berkunjung atau akan tinggal di Maluku. Bahasa Maluku juga banyak digunakan oleh para diaspora Maluku di Eropa. Dengan kata lain, bahasa Maluku sendiri sebenarnya sudah dikenal oleh orang yang terbiasa mengucapkan bahasa Inggris.

Nah jika anda memang berencana untuk mempelajari bahasa Maluku agar bisa bisa berkomunikasi dengan bahasa Maluku saat akan berkunjung ke Maluku. Maka berikut adalah tips yang bisa anda lakukan jika berencana untuk belajar bahasa Maluku diantaranya adalah:

Memiliki tekad dan niat belajar

Salah satu modal utama ketika anda akan belajar bahasa apapun, baik untuk bahasa dari negara luar atau bahasa daerah yang ada di Indonesia adalah anda harus memiliki niat dan tekat untuk belajar dari diri anda sendiri terlebih dahulu. Dengan memiliki niat dan tekat untuk belajar tentu saja bisa memacu diri anda untuk tetap semangat belajar dan menguasai bahasa yang anda inginkan.

Begitu juga ketika sudah bertekad untuk belajar Bahasa Maluku, jika anda sudah memiliki niat yang kuat di dalam hari untuk belajar maka tentu saja proses belajar bahasa Maluku juga akan lebih menyenangkan untuk anda lakukan. Anda akan memiliki keinginan untuk belajar dan tanpa ada beban saat akan mempelajarinya.

Bertema dengan Orang Maluku Asli

Langkah selanjutnya untuk anda yang berencana akan belajar bahasa Maluku adalah berteman dengan orang Maluku Asli. Tentu saja dengan belajar secara langsung dan bercakap dengan orang – orang Maluku akan memudahkan anda yang berencana akan belajar berbahasa Maluku untuk digunakan dalam obrolan sehari – harinya.

Mendengar dengan seksama saat orang Maluku sedang berbicara

Selanjutnya cara mudah untuk anda yang ingin belajar bahasa Maluku adalah mendengarkan dengan seksama saat ada orang Maluku yang berencana akan berbicara menggunakan bahasa Maluku. Anda bisa memperhatikan cara mereka berbicara dan berucap lalu cobalah untuk anda memahami maksud ucapan mereka. Pada saat mereka mengobrol satu dengan yang lain dan anda menemukan jika ada perkataan yang kurang dipahami maka anda bisa langsung menanyakan pada mereka apa maksud dari perkataan mereka.

Coba Mengamati kemiripan bahasa Maluku dengan bahasa daerah anda

Sebenarnya di dalam kosa kata bahasa dari satu daerah di Indonesia memiliki kata – kata yang hampir mirip. Nah, dengan mempelajari kemiripan dari kosa kata dari Bahasa Maluku dengan bahasa dari daerah anda tentu saja akan lebih mempermudah untuk anda sedang dalam proses belajar bahasa Maluku dengan mempelajari kosa kata.

Mengulangi kosa kata yang sudah anda pelajari

Baik belajar bahasa apapun, sebenarnya mengulangi kosa kata menjadi bagian yang sangat penting. Karena ketika anda sering mengulangi percakapan yang dilakukan dengan menggunakan bahasa Maluku tentu saja akan lebih mempercepat proses anda belajar bahasa Maluku. Selain itu, mengulang kosa kata dari Bahasa Maluku akan membuat memori kosa kata yang sudah anda pelajari akan lebih lama diingat sehingga anda tidak akan mudah lupa.

Mempelajari Bahasa Percakapan dalam situasi khusus

Hal lain yang harus anda perhatikan saat akan belajar bahasa Maluku adalah dengan belajar menggunakan bahasa Maluku dalam situasi khusu. Situasi khusus ini adalah salah satu suasana yang formal, semi formal atau non formal. Tentu saja dari setiap situasi menggunakan cara percakapan harus berbeda. Karena ada kosa kata yang dianggap sopan dan tidak sopan. Dengan memahami percakapan untuk situasi tentu saja akan membuat anda lebih mudah ketika harus belajar bahasa Maluku.

Cobalah untuk menggunakan media sosial

Tips terakhir yang bisa anda gunakan untuk berusaha belajar Bahasa Maluku secara otodidak dan tidak secara resmi adalah dengan menggunakan jejaring media sosial. Belajar bahasa Maluku dengan menggunakan media sosial bisa anda lakukan dengan menggunakan facebook, twitter hingga lainnya.

Ketika menggunakan facebook dan twitter misalnya, belajar bahasa Maluku bisa anda mulai dengan menjalin pertemanan denagn orang dari Maluku yang menggunakan bahasa Maluku. Lalu anda bisa minta untuk berbicara dalam bahasa Maluku untuk anda agar bisa memahami artinya. Cara ini memang termasuk salah satu cara yang sangat efektif dalam mempercepat untuk anda memahami dan belajar bahasa Maluku.

Nah inilah beberapa tips yang mungkin bisa membantu anda agar bisa belajar bahasa Maluku dalam sehari – hari. Dengan terus berlatih dan terus bercakap dalam bahasa Maluku tentu saja akan mempercepat anda agar bisa menguasai bahasa Maluku.

Selain tips di atas, untuk bisa belajar berbahasa Maluku maka beberapa kosa kata bahasa Maluku juga menjadi satu hal yang sangat penting. Pasal ini menjadi modal utama untuk anda yang dalam proses belajar bahasa Maluku. Memiliki koleksi kosa kata dasar dari bahasa Maluku akan lebih mempermudah untuk anda lebih mengerti dalam berkomunikasi satu dengan yang lainnya.

Belajar Kosa Kata Bahasa Maluku

Dari semua hal yang menjadi tips belajar Bahasa Maluku, maka cara yang dianggap paling mudah agar bisa cepat mempelajari bahasa Maluku dengan baik adalah dengan hafal dan tahu betul beberapa jenis kosa kata dasar dan popular dari bahasa Maluku. Kosa kata ini adalah salah satu kosa kata dasar yang memang sering digunakan sehingga akan memudahkan anda untuk mempelajarinya.

Kosa kata Sapaan dan Keluarga dalam bahasa Maluku

Ada beberapa kosa kata yang bisa anda hafalkan untuk sapaan dan keluarga diantaranya adalah:

  • “Beta” memiliki arti Saya
  • “Use atau Ose” Memiliki arti Anda
  • “Kamong atau Kamorang” Memiliki arti kalian
  • “Katong atau katorang” memiliki arti kita
  • “Dong atau Dorang” memiliki arti mereka
  • “Batong atau Betong” memiliki arti Kami atau kita
  • “Paitua” memiliki arti suami
  • “Wate” memiliki arti Paman
  • “ua” memiliki arti Bibi
  • “Usi” memiliki arti saudara perempuan

Kosa kata benda dalam bahasa Maluku

  • “Koi” memiliki arti tempat tidur
  • “Kalasang” memiliki arti celana
  • “Benang Raja” memiliki arti pelangi
  • “Pondok” memiliki arti kios kecil
  • Kosa kata Sifat dalam bahasa Maluku
  • “Baribut atau Baribot” memiliki arti membuat gaduh
  • “Perlente” memiliki arti bohong
  • “Kambelu” memiliki arti Bodoh
  • “Kacupeng” memiliki arti kecil
  • “Tado” memiliki arti diam
  • “Tacigi atau Takajo” memiliki arti kaget dan terkejut

Kosakata Kata kerja dalam bahasa Maluku

  • “Pi” memiliki arti pergi
  • “cake” memiliki arti makan – bahasa ini adalah bahasa Maluku yang kasar tidak boleh digunakan saat berbicara dengan orang yang lebih tua
  • “Tagor” memiliki arti menegur
  • “Maniso” memiliki arti sibuk
  • “Stel” memiliki arti mengatur
  • “Kalesang” memiliki arti menjaga dan merawat

Itulah beberapa kosa kata dalam Bahasa Maluku yang sering digunakan dalam kehidupan sehari – hari. Dengan membiasakan diri untuk mengucapkan kosa kata dari bahasa Maluku ini, maka akan lebih memudahkan anda untuk belajar bahasa Maluku dengan lebih cepat.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *