Antisipasi Pohon Tumbang Damkar Ambon Lakukan Pemangkasan

  • Bagikan
Antisipasi Pohon Tumbang Damkar Ambon Lakukan Pemangkasan

Ambon – Dinas Pemadam Kebakaran dan penyelamatan (Damkar) kota Ambon rutin lakukan penebangan dan pemangkasan dahan dan pohon yang berpotensi mengancam keselamatan warga kota Ambon dikala musim penghujan.

Pemangkasan dan penebangan dilakukan baik di ruas jalan utama maupun yang ada di pemukiman warga.

“Saat ini personil kami masih terus melakukan penebangan maupun pemangkasan sejumlah pohon yang berpotensi mengancam keselamatan warga dalam kota Ambon, mengingat saat ini intensitas hujan cukup tinggi. Ini sangat membahayakan pejalan kaki maupun kendaraan” kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan kota Ambon Edwin Pattikawa, Senin (20/09)

Dikatakan, sebelum melakukan kegiatan penebangan, personil Damkar terlebih dulu melakukan survey dan pemetaan kawasan yang dinilai berpotensi rawan patahan.

“Setiap hari kami lakukan pemangkasan, seperti yang dilakukan hari ini di ruas jalan Dr Latumeten tepatnya di depan RST dan kampus PGSD Ambon”ujarnya .

Pattikawa menjelaskan, selain di lokasi Jl DR Latumeten petugas juga melakukan hal yang sama di depan Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Maluku hingga Batu Gajah. Di lokasi itu terdapat  banyak pepohonan rindang dan telah menutupi sebagian badan jalan.

“Ini kapan saja dapat tumbang jika terjadi hujan dan angin kencang untuk itu lokasi ini juga akan menjadi target selanjutnya, termasuk pemangkasan di pemukiman sesuai permintaan warga”jelasnya .

Kadis menambahkan ini adalah kegiatan pemangkasan dan penebangan pohon tahap II yang sebelumnya telah dilakukan sesuai dengan instruksi Walikota Ambon demi kenyamanan dan keamanan warga.

“Sejauh ini petugas telah melakukan pemangkasan dan penebangan ratusan pohon di kota Ambon, akan tetapi kegiatan ini belum selesai, karena itu akan terus kami lakukan”katanya menambahkan. Matamaluku.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *