Abdul Kadir Selano Lakukan Reses di Negeri Soahuku

  • Bagikan
Abdul Kadir Selano Lakukan Reses di Negeri Soahuku

Masohi – Anggota DPRD Maluku Tengah, Abdul Kadir Selano melakukan reses untuk menjaring aspirasi warga di Negeri Soahuku, Kecamatan Amahai, Kabupaten Maluku Tengah, Rabu (21/9/2022).

Sebelum menyapa warga Soahuku, Abdul Kadir Selano yang juga Ketua DPD PAN Maluku Tengah itu, melakukan agenda yang sama dengan warga desa yang lain.

Saat pertemuan bersama warga Soahuku, Selano mengungkapkan reses dilakukan anggota dewan di luar masa sidang untuk melakukan kunjungan kerja kepada konstituen atau daerah pemilihan (Dapil) untuk menjalankan tugas-tugasnya sebagai wakil rakyat.

Oleh karena itu, keterlibatan masyarakat dalam sebuah reses akan memberi hasil yang lebih aktual dan berbasis fakta sehingga mudah untuk dikonfirmasi atau diklarifikasi ketika ada informasi yang membutuhkan penjelasan teknis dari peserta reses.

Kadir mengakui kehadiranya di tengah warga Soahuku merupakan tanggung jawab menjaring aspirasi kendati pada Pemilu 2019 dirinya tidak mendapat dukungan suara warga negeri itu.

Dalam pertemuan itu, sejumlah warga yang ikut dalam reses berharap, Selano dapat memperjuangkan masalah air besrsih dan juga jalan lingkungan. Ada warga juga yang meminta agar terminal Soahuku benar-benar kembali difungsikan.

Selano pada kesempatan tersebut memastikan akan meneruskan berbagai masukan warga kepada pemerintah sebagai mitra Komisi III DPRD Maluku Tengah.

“Selama masa reses Komisi III menyambangi kurang lebih 50 desa/negeri yang ada di empat kecamatan,” katanya.

Diketahui DPRD sebagai lembaga legislatif merupakan lembaga perimbangan terhadap kekuasaan eksekutif yang berkedudukan sebagai unsur penyelenggara pemerintahan di daerah.

Reses sangat efektif digunakan dan menjadi instrumen yang baik untuk memperoleh aspirasi dan masukan dari konstituen serta untuk melihat langsung implementasi berbagai kebijakan yang dibuat oleh eksekutif.

Di sisi lain, reses juga merupakan salah satu bentuk partisipasi masyarakat dalam proses pembuatan keputusan sebagai salah satu prinsip demokrasi.

Karena itu, keterlibatan masyarakat dalam sebuah reses akan memberi hasil yang lebih aktual dan berbasis fakta sehingga mudah untuk dikonfirmasi atau diklarifikasi ketika ada informasi yang membutuhkan penjelasan teknis dari peserta reses. Matamaluku.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *