322 Calon Jamaah Haji Kota Ambon Ikuti Pelatihan Manasik Haji

  • Bagikan
Calon Jamaah Haji Kota Ambon
322 Calon Jamaah Haji Kota Ambon

Berita Ambon – Sebanyak 322 calon jamaah haji dari Kota Ambon, Provinsi Maluku, mengikuti bimbingan dan pelatihan manasik haji sebagai bagian dari persiapan ibadah haji 2024. Acara ini resmi dibuka oleh Penjabat Walikota Ambon, Bodewin Wattimena, didampingi Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Ambon, Fachrurrazy Hassannusi, di Asrama Haji Waiheru, Sabtu, 18 Mei 2024.

Dalam sambutannya, Bodewin Wattimena menyatakan bahwa bimbingan dan pelatihan manasik haji bertujuan untuk mempermudah calon jamaah dalam memahami ibadah haji, baik secara teoritis maupun praktis, sehingga mereka dapat melaksanakan ibadah haji dengan mandiri dan benar. “Menunaikan ibadah haji adalah impian semua umat Islam, termasuk yang belum pernah menunaikan salah satu rukun Islam ini,” ujarnya.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Ambon bekerja sama dengan Kantor Kementerian Agama Kota Ambon. Wattimena berpesan kepada calon jamaah haji untuk memanfaatkan kesempatan berhaji dengan sebaik-baiknya dan memperbanyak ibadah selama di tanah suci. Ia juga mengingatkan calon jamaah untuk mempersiapkan diri dengan baik, menjaga kesehatan, dan mengikuti semua petunjuk selama berada di Arab Saudi.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Ambon, Fachrurrazy Hassannusi, menjelaskan bahwa tujuan dari pelatihan ini adalah agar calon jamaah haji memahami tahapan-tahapan ibadah haji sehingga ibadah mereka dapat berjalan dengan sempurna. “Total jamaah haji Kota Ambon yang tergabung dalam kloter 27 ini sebanyak 322 orang,” katanya.

Para calon jamaah haji Kota Ambon akan berangkat bersama calon jamaah haji dari Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) dan Kabupaten Maluku Barat Daya. Mereka dijadwalkan berangkat dari Bandara Pattimura Ambon menuju Arab Saudi pada 31 Mei 2024.

Fachrurrazy Hassannusi juga berharap agar jamaah haji 2024 selalu menjaga kesehatan sehingga dapat kembali ke tanah air dengan haji yang mabrur. Berdasarkan data, calon jamaah haji termuda adalah Sri Mutiara Sahfat Binti Sahrir (27 tahun), dan yang tertua adalah Langkono Bin La Aji (84 tahun). Dari jumlah total, 140 orang adalah laki-laki dan 181 orang adalah perempuan.

Dengan pelatihan manasik haji ini, diharapkan para calon jamaah haji dari Kota Ambon dapat melaksanakan ibadah haji dengan baik dan lancar, serta memperoleh haji yang mabrur. MM

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *